Rabu , 11 Desember 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Penggunaan Uang Negara, Wajib Dikenakan Pajak

Penggunaan Uang Negara, Wajib Dikenakan Pajak

Damsi

KEPAHIANG – Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepahiang, A. Damsi, S.Sos mengungkapkan, bahwa setiap penggunaan keuangan negara wajib dilakukan pemungutan dan penyetoran pajak. Hal ini disampaikannya dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan kepada seluruh Bendahara Desa, Senin (4/11).

Dijelaskan Damsi, seluruh bendahara termasuk bendahara desa harus mengetahui Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) kerjanya dalam penggunaan keuangan negara. Ia mengatakan dalam penggunaan keuangan negara, bendahara wajib mengetahui besaran pajak yang harus dibayarkan kepada kas negara dalam setiap kegiatan.

“Bendahara wajib memungut pajak dalam setiap kegiatan yang membelanjakan keuangan negara. Besarannya sudah ada sesuai aturan yang berlaku, tinggal dipotong saja dari setiap pengeluaran belanja dan kemudian setorkan ke kas negara melalui kantor pelayanan pajak,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan, agar para bendahara harus lebih mencermati terkait pembayaran pajak ini. Karena jika pajak setiap kegiatan tidak dipungut, maka akan sangat rentan bersinggungan dengan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), dan tentunya akan berurusan dengan aparat penegak hukum.

“Ya, bendahara harus paham persoalan perpajakan ini. Jangan sampai ada kegiatan yang tidak terpungut pajaknya, sehingga berdampak pada keuangan negara yang merugi. Akibatnya bisa berhadapan dengan aparat penegak hukum, karena terindikasi terkait dengan tindak pidana korupsi,” ujarnya.

Di sisi lain, Kabid Pendapatan BKD Kabupaten Kepahiang, Musi Dayan, S.Si menambahkan, pungutan pajak dan penyetoran pajak yang dilakukan oleh seluruh bendahara akan berdampak positif terhadap daerah. Karena melalui pembayaran pajak yang aktif, adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapat Kabupaten Kepahiang.

“PAD yang didapat oleh Kabupaten Kepahiang juga berkaitan dengan pembayaran pajak, dengan itupula pungutlah pajak dan bayarkan pajak sesuai dengan besaran uang yang dibelanjakan,” demikian Dayan. (sly)

Berita Lainnya

Dua Lahan Puskesmas Masih Bermasalah

KEPAHIANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang saat ini tengah mempersiapkan perencanaan untuk pembangunan Instalasi Pembuangan ...

error: Content is protected !!