Senin , 27 Januari 2020
Home / Daerah / Lebong / Pinang Belapis Belum Ajukan Pjs Kades

Pinang Belapis Belum Ajukan Pjs Kades

Eko Budi Santoso

PINANG BELAPIS – Pernyataan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Lebong, Eko Budi Santoso, M.Eng soal pengajuan dua Pjs kades di Kecamatan Pinang Belapis, dibantah Plt Camat Pinang Belapis, Herwantoni. Sampai saat ini Kecamatan Pinang Belapis belum mengajukan calon pjs kades untuk Air Kopras dan Ketenong I.

‘’Kami rasa pernyataan Pak Kabid PMD keliru. Sampai hari ini Senin (4/11) kami belum mengajukan Pjs kades,’’ tegas Herwantoni. Namun dipastikannya nama calon pjs kades untuk dua desa itu akan segera diajukannya.

Diharapnya Pemberdayaan masyarakat Desa dan Sosial benar-benar menjalankan teknis pengisian Pjs kades sesuai regulasi yang berlaku. Yakni benar-benar mempertimbangkan calon Pjs sesuai yang diusulkan pihak kecamatan. ‘’Kalau tidak ada halangan, minggu ini sudah kami ajukan Pjs kadesnya,’’ ungkap Herwantoni.

Dijelaskannya, kedua desa itu terdaftar mengikuti Pemilihan Kepala Desa serentak tahun ini. Namun karena tidak dianggarkan dalam APBD 2019, Pemkab Lebong mengundur di tahun 2020. Sementara jabatan kades Air Kopras sudah berakhir terhitung 31 Mei lalu. Sedangkan jabatan kades Ketenong I akan berakhir Februari 2020. ‘’Mengingat jadwal pilkades diundur, tentunya pengisian Pjs kades harus segera dilakukan,’’ tutur Herwantoni.

Sementara Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Lebong, Eko Budi Santoso, M.Eng meminta seluruh kecamatan yang belum mengusulkan nama calon Pjs kades yang terdata ikut pilkades serentak 2020, segera menjalankan kewajibannya. Proses pengajuan ditunggu paling telat Kamis (14/11).

‘’Teknis penunjukan Pjs kades akan dikuatkan melalui surat keputusan bupati yang didasarkan atas rekomendasi para camat bersangkutan,’’ tandas Eko.

Adapun 15 desa yang terdaftar ikut pilkades 2020, Desa Talang Ratu di Kecamatan Rimbo Pengadang, Desa Turan Tiging dan Desa Kota Donok di Kecamatan Lebong Selatan serta Desa Semelako II dan Desa Tanjung Bunga I di Kecamatan Lebong Tengah. Selanjutnya Desa Sukau Kayo di Kecamatan Lebong Atas, Desa Ladang Palembang dan Desa Kampung Dalam di Kecamatan Lebong Utara.

Terakhir, Desa Suka Marga di Kecamatan Amen, Desa Embong di Kecamatan Uram Jaya serta Desa Tambang di Kecamatan Lebong Utara serta Desa Air Kopras dan Desa Ketenong I di Kecamatan Pinang Belapis dan Desa Talang Baru I di Kecamatan Topos.(sca)

Berita Lainnya

Jumlah Pasutri Bercerai di Lebong Tembus 157 Pasang dalam Setahun

PELABAI– Angka perceraian di Kabupaten Lebong terus meningkat. Sepanjang tahun 2019, Pengadilan Agama (PA) Lebong ...

error: Content is protected !!