Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Realisasi Pajak Rawan Meninggalkan Piutang

Realisasi Pajak Rawan Meninggalkan Piutang

MEGAH: Di gedung inilah pengelolaan seluruh pajak daerah Kabupaten Lebong dipusatkan. (foto:aris/rb)

PELABAI – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, realisasi pajak daerah tahun ini berpotensi meninggalkan piutang. Hingga November, realisasi pajak daerah baru terpungut Rp 4,8 miliar atau 70 persen dari target Rp 69 miliar. Piutang pajak terbesar ada pada Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkotaan dan Perdesaan.

Dari target Rp 1,5 miliar, Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkotaan dan Perdesaan yang terpungut baru mencapai 50 persen. Disusul pajak galian C yang realisasinya baru terpungut 70 persen dari target Rp 600 juta. Termasuk pajak restoran, pajak hotel, pajak hiburan, pajak reklame serta pajak Biaya Perolehan atas Hak Tanah dan Bangunan. Seluruhnya belum terpungut 100 persen.

‘’Kami akan melayangkan surat peringatan kepada seluruh wajib pajak yang masih menunggak. Khususnya wajib Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkotaan dan Perdesaan karena tahun 2018 realisasinya hanya berkisar 90 persen,’’ ujar Kabid Pendapatan, Badan Keuangan Daerah Kabupaten Lebong, Rudi Hartono, SE, M.Ak.

Atas kondisi itu, Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah teknis pemungut pajak memaksimalkan penagihan. Khususnya para camat, lurah dan kepala desa, untuk lebih proaktif dalam memungut Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkotaan dan Perdesaan. Dengan sisa waktu efektif 1 bulan, diharapnya seluruh Organisasi Perangkat Daerah pemungut pajak serta camat, lurah dan kepala desa tidak mengulur-ulur waktu lagi.

‘’Kepada para wajib pajak juga kami minta lebih peka dengan kewajibannya. Jangan menunggu sampai ditagih, baru menjalankan kewajiban membayarkan pajaknya. Jika memang terbukti ada kecurangan, saya minta Organisasi Perangkat Daerah teknis pemungut pajak jangan ragu menempuh langkah tegas,’’ tutur Bupati.(sca)

Berita Lainnya

174 Berkas CPNS Lebong Tidak Memenuhi Syarat

PELABAI – Dari 3.863 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Lebong, hanya 3.689 pelamar ...

error: Content is protected !!