Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Butuh Perjuangan Dalam Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa

Butuh Perjuangan Dalam Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa

SEMINAR : Para peserta seminar terlihat serius mendengarkan penyampaian pemateri. (foto:wanda/rb)

CURUP SELATAN – Himpunan keperawatan Curup dan ikatan alumni prodi DIII keperawatan Curup Poltekes Curup, kemarin menggelar kegiatan seminra tentang penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa dan pencegahan bunuh diri. Seminar ini dalam rangka peringatah Hari Kesetan Sedunia dan mengambil tema ‘Peran tenaga kesehatan dan masyarakat dalam penanganan pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa dan pencegahan bunuh diri.

Dalam kesempatan tersebut, narasumber  Meigo Anugra Jaya, M.Kep, SP.K.Jiwa menyampaikan, bahwa butuh perjuangan keras dan keihklasan dalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa serta pencegahan bunuh diri. Terutama dalam peran perawat serta masyarakat dalam penanganan pasienOrang Dengan Gangguan Jiwa. ‘’Butuh perjuangan keras dari para perawat dan masyarakat. Termasuk juga bagaimana orang di sekitar pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa tersebut dapat meyakinkan pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa tersebut mampu untuk kembali dan sembuh,’’ terang Meigo.

Untuk itulah, Meigo melanjutkan, diharapkan agar kedepan masyarakat khususnya di Kabupaten Rejang Lebong agar tidak lagi memandang sebelah mata pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa. Bahkan haru memberikan bantuan dan dukungan moral agar mereka bisa kembali pulih. Bahkan bisa bekerja, beraktiftas seperti biasa.

‘’Jangan sampai terjadi diskriminasi pada pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa. Mereka masih bisa diselamatkan dan bisa diterima ditengah masyarat. Dan ini butuh kerja keras serta keihklasan semua elemen. Termasuk masyarakat dan kelaurga terdekat pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa itu sendiri. Agar mereka bisa bangkit dan kembali diterima di tengah masyarakat,’’ imbuh Meigo.(dtk)

Berita Lainnya

Pengenalan Program ITF, Wakil Bupati Iqbal Minta Guru Manfaatkan Peluang

CURUP – Wakil Bupati (Wabup) Rejang Lebong (RL) H. Iqbal Bastari, S.Pd, MM meminta para ...