Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Pemilihan Kepala Desa Tetap Diupayakan 2020

Pemilihan Kepala Desa Tetap Diupayakan 2020

Eko Budi Santoso

PELABAI – Kendati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sempat memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2020 diundur tahun 2021 karena tidak adanya anggaran, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) tetap berupaya agar Pilkades serentak gelombang III itu dilaksanakan 2020. Salah satu alasannya, masa jabatan 5 kepala desa dari 15 desa yang dijadwal ikut Pilkades 2020 dipastikan berakhir bulan ini.

Antara lain Desa Semelako II, Kecamatan Lebong Tengah yang jabatan kadesnya akan berakhir Senin (11/11). Termasuk Desa Sukau Kayo, Kecamatan Lebong Atas, Desa Ladang Palembang dan Desa Kampung Dalam, Kecamatan Lebong Utara yang jabatan kadesnya berakhir Kamis (14/11). Satunya lagi, Kades Talang Baru I, Kecamatan Topos yang jabatannya akan berakhir Sabtu (16/11).

‘’Kami akan mengirimkan surat ke Kemendagri melalui Dirjen Bina Pemerintahan Desa yang intinya meminta petunjuk masalah pelaksanaan Pilkades 2020 yang waktunya berbarengan dengan Pilkada (pemilihan kepala daerah, red),’’ kata Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas (PMDS) Kabupaten Lebong, Eko Budi Santoso, M.Eng kepada RB, Selasa (5/11).

Suratnya sudah dinaikkan ke bupati melalui Sekretaris Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si. Berdasarkan hasil telaah bupati, PMDS diminta memperbaiki perihal isi suratnya dan saat ini masih dalam proses perbaikan. Justru itu, khusus desa yang masa jabatan kadesnya berakhir tahun ini diminta segera mengusulkan pejabat sementara (Pjs) kadesnya ke PMDS.

‘’Dari lima desa yang jabatan kadesnya berakhir tahun ini, tinggal Desa Ladang Palembang dan Desa Kampung Dalam yang belum menyerahkan Pjs kadesnya ke kami. Kami minta segera disampaikan ke kami paling lambat 14 November ini,’’ ungkap Eko.

Sementara pernah disampaikan Mustarani, Pemkab Lebong menunda Pilkades serentak gelombang III dilaksanakan tahun 2021 karena tidak ada pos anggaran sehingga dana senilai Rp 700 juta yang diusulkan PMDS tidak bisa diakomodir dalam APBD 2020. Anggaran 2020 difokuskan untuk pelaksanaan Pilkada yang tentunya banyak menguras anggaran.(sca)

Berita Lainnya

Minta Camat Usulkan Pjs Kades Nangai Amen

PELABAI – Kekosongan jabatan pimpinan di Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara pascaditahannya DC (38) ...

error: Content is protected !!