Minggu , 15 Desember 2019
Home / Berita utama / Percetakan Dipercepat, Jamaah Terima Buku Manasik Januari

Percetakan Dipercepat, Jamaah Terima Buku Manasik Januari

Khoirizi H. Dasir

JAKARTA – Tahun ini calon jamaah haji menerima buku manasik haji pada bulan Maret. Kementerian Agama (Kemenag) bakal mempercepat proses pencetakan dan pendistribusian buku manasik haji. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag berharap pada Januari atau Februari buku manasik sudah diterima calon jamaah haji.

Rencana percepatan pengadaan buku manasik haji itu disampaikan Nizar pada pelaksaan FGD Peningkatan Kualitas Bimbingan Manasik Haji di Jakarta Selasa (5/11). Dia mengatakan tahun calon jamaah haji mener8ima paket buku manasik pada bulan maret. ’’Mudah-mudahan tahun 2020 jamaah bisa lebih cepat menerima buku manasik. Yaitu pada Januari atau Februari,’’ jelasnya.

Nizar menjelaskan percepatan distribusi buku manasik dalam rangka pencanganan musim haji 2020 sebagai tahun peningkatan kualitas manasik haji. Selain percepatan proses percetakan, diharapkan isi atau konten buku manasik haji juga diperbaiki.

Dia mengatakan buku manasik tidak hanya berisi tata cara rangkaian ibadah haji saja. Tetapi juga harus dilengkapi dengan beberapa aspek. Seperti fakta, peristiwa sejarah, konsep atau hasil pemikiran, serta kaidah-kaidah. Kemudian juga prosedur dan nilai yang terkandung dalam setiap amalan rangkaian ibadah haji.

Buku manasik yang disusun sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami. ’’Tidak perlu menggunakan bahasa yang akademis. Gunakan bahasa-bahasa yang popular, yang bisa dipahami jamaah haji,’’ tuturnya.

Nizar lantas menjelaskan beberapa program untuk peningkatan kualitas manasik haji. Diantaranya adalah meningkatkan keterlibatan ketua rombongan (karom) dalam bimbingan manasik haji. Kemudian proses manasik haji dilakukan sepanjang tahun. Tidak hanya mendekati pelaksanaan ibadah haji saja.

’’Kemudian melakukan penyusunan kloter lebih cepat,’’ kata dia. Dengan pembentukan kloter lebih cepat, maka bisa diketahui profil jamaah lebih dini. Mulai dari profil latar belakang pendidikan serta kemampuan jamaah lainnya. Sehingga bisa dilakukan proses manasik yang lebih efektif.

Direktur Bina Haji Kemenag Khoirizi H. Dasir mengatakan revisi atau penyempurnaan buku manasik haji ditargetkan selesai bulan ini. Kemudian lelang pengadaan buku manasik haji diharapkan selesai bulan depan. Untuk bimbingan manasik, Kemenag sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi negeri. (wan)

Berita Lainnya

Komisi II DPRD Kota Bakal Panggil Pihak Terkait Soal Dugaan Kontraktor Proyek Alun-alun Taman Berendo Diperas

BENGKULU– Tudingan miring yang dilayangkan PT. Karya Duta Mandiri Sejahtera ke Kejaksaan agung Republik Indonesia ...

error: Content is protected !!