Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 2020, Wajib Pakai Sistem Satu Data

2020, Wajib Pakai Sistem Satu Data

KONSOLIDASI: Kepala Badan Pusat Statistik  Mukomuko datangi Diskominfo Mukomuko untuk mewujudkan Sistem Satu Data Indonesia. (foto:peri/rb)

MUKOMUKO – Kepala Badan Pusat Statistik Mukomuko, Sahranudin, SE, M.Si, mengatakan tahun depan wajib direalisasikan sistem Satu Data Indonesia, di Mukomuko. Ini pascaterbitnya Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Jadi Pemkab Mukomuko harus menunjuk satu OPD teknis yang mengelola sistem Satu Data Indonesia di Mukomuko. Maka kedepan Badan Pusat Statistik tak lagi menyurati atau mendatangi OPD-OPD untuk meminta data yang diperlukan. Tapi cukup mendatangi satu OPD yang mengelola data tersebut, atau hanya mengakses di aplikasi yang menyimpan semua data.

“Data sektoral tidak lagi Badan Pusat Statistik yang kumpulkan. Tapi dikumpulkan OPD yang menjadi leading sektor seperti Diskominfo. Jadi kami tidak lagi mengambil ke dinas-dinas lain. Cukup lihat data ekspose di Diskominfo,” ujar Sahranudin didampingi Kabid IKP Diskominfo Mukomuko, Aida Mehawani dan Kabid Hubmed dan Layanan Informatika Diskominfo, Zonni Fourwanda.

Untuk mendukung itu, Badan Pusat Statistik akan melakukan sosialisasi dan pembinaan. Khususnya terkait metode penyusunan dan penyajian data statistik.

“Tujuan Satu Data Indonesia ini untuk mempermudah percepatan pembangunan dan memudahkan sinergitas. Agar semua saling bersinergi,” ujar Sahranudin.

Satu Data Indonesia, jelasnya, merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah. Ini untuk menghasilkan data akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan. Dan paling penting, mudah diakses dan dibagipakaikan antar intansi pusat dan instansi daerah.

“Nanti harus dibentuk Walidata di daerah. Walidata tersebut unit yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan data,” jelas Sahranudin.(hue)

Berita Lainnya

Bangun Gedung Olahraga, Kuras Dana Alokasi Khusus Rp 12,8 Miliar   

MUKOMUKO – Tahun 2020 Mukomuko akan bangun Gedung Olahraga refresentatip. Untuk merealisasikan venue olahraga itu, ...

error: Content is protected !!