Rabu , 11 Desember 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Bantu Sumur Bor Rp 400 Juta

Bantu Sumur Bor Rp 400 Juta

CURUP – Kabupaten Rejang Lebong tahun anggaran 2019 melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Rejang Lebong kembali mendapatkan bantuan sumur bor. Dimana terakhir kali Kabupaten Rejang Lebong mendapatkan bantuan tersebut tahun 2016 lalu untuk Desa Tasik Malaya Kecamatan Curup Utara.

Bantuan sumur bor senilai Rp 400 juta yang bersumber dari APBN Badan Geologi Kementerian SDM tersebut berlokasi di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang. Saat ini pelaksanaan fisiknya bahkan sudah diatas 40 persen. Seperti yang disampaikan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Rejang Lebong Ir. Karneli melalui Kabid Energi dan Sumber Daya Mineral Verlis P, ST kepada Rakyat Bengkulu.

Diungkapkan Verlis, bantuan tersebut meliput bangunan lengkap dengan sumur bor, tanki penampung air, rumah genset sekaligus satu unit mesin genset. ‘’Ini yang kedua kalinya kita mendapatkan bantuan sumur bor untuk Desa Karang Jaya. Dan sebelumnya kita dapat tahun 2016 untuk Desa Tasik Malaya,’’ terang Verlis.

Setelah dibangun nantinya, lanjut Verlis, Sumur Bor tersebut harus dikelola swadaya oleh pemerintah desa untuk kepentingan ketersediaan air bersih masyarakat mereka. Pengelolaan diarahkan melalui Badan Usaha Milik Desa. Mulai dari pemenuhan kebutuhan untuk penyaluran air bersih, hingga distribusi kepada masyarakat.

‘’Setelah dibangun dan diserahkan kepada pemerintah desa nantinya, diharapkan bisa langsung di kelola Badan Usaha Milik Desa setempat. Hasil dari pengelolaan bisa digunakan untuk perawatan, operasional dan menambah pendapatan pemerintah desa. Jadi ini bisa dikelola desa, untuk masyarakat desa dan hasilnya juga untuk desa,’’ imbuh Verlis. (dtk)

Berita Lainnya

Maksimalkan ADD Dan Dana Desa

CURUP – Memasuki akhir tahun anggaran 2019, seluruh pemerintah desa diharapkan bisa memaksimalkan realisasi Alokasi ...

error: Content is protected !!