Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Pastikan Dulu Kebenarannya Beritanya

Pastikan Dulu Kebenarannya Beritanya

Deddy Nata

KOTA MANNA –Kini penyebaran berita dan isu melalui media, mudah sekali tersebar tanpa ada yang bertanggung jawab.  Menyikapi ini Kasat Intel Polres Bengkulu Selatan (BS) Iptu. Chandra Permana, SH minta masyarakat Bengkulu Selatan untuk mastikan kebenaran berita sebelum dibagikan pada masyarakat umum.

Baru-baru ini ada berita bohong atau hoaks mudah sekali disebar melalui grup WhatsApp (WA) di Kabupaten Bengkulu Selatan. Hal ini juga membuat sebagian masayarakat risih.

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP. Deddy Nata, S.IK melalui Kasat Intel Iptu Candra Permana mengatakan masyarakat untuk tak mudah sebarkan berita tidak benar dan belum jelas  kepastiannya. Pasalnya, dampak dari berita bohong sangat meresahkan dan bisa menimbulkan fitnah.

Penyebaran berita hoaks juga bisa menyasar siapa saja. Bahkan pada grup aparat polisi pun tak lepas  dari pemberitaan yang belum jelas masuk lewat WA. ‘’Pastikan dulu soal kebenarannya, jangan disebarkan bila belum pasti. Jadilah pembaca isu yang teliti dan tidak mudah percaya,” terang Candra.

Senada dikatakan Kasat Reskrim AKP. Rahmat Hadi Fitrianto, SH, S.IK. Pelaku  penyebar hoax bisa terancam Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi, dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE.

“Setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong maupun menyesatkan ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun. Dan denda maksimal Rp 1 miliar,” jelas Rahmat.

Mulai sekarang katanya, setiap orang harus hati-hati dalam menyebarkan pesan berantai via perangkat elektronik.  Sekarang banyak pesan pendek (SMS) maupun e-mail hoax yang berseliweran.

Dia meminta masyarakat jika mendapat pesan berantai yang hoax, supaya todak sembarang menyebarkannya. ‘’Laporkan saja bila sudah meresahkan. Karena itu sudah masuk delik hukum,” tutupnya.(tek)

Berita Lainnya

Jangan Coba-coba Setrum Ikan, Ada Sanksi Pidana

KOTA MANNA – Dinas Perikanan Bengkulu Selatan terus melakukan pemantauan di aliran sungai Kedurang soal ...

error: Content is protected !!