Kamis , 23 Januari 2020
Home / Breaking News / Tambah 7 Emas, 1 Perak dan 1 Perunggu, Peringkat Bengkulu Naik

Tambah 7 Emas, 1 Perak dan 1 Perunggu, Peringkat Bengkulu Naik

FOTO : Petarung Bengkulu Erfin Nofitaini kelas 51 kg (kanan) saat berlaga di final melawan petarung Sumatera Utara Gabriela Sari Purba di venue Sport Centre Pantai Panjang Bengkulu, Rabu (6/11). (foto: jeri/rb)

BENGKULU – Hari kelima berlangsungnya Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera, peringkat Bengkulu yang sehari sebelumnya melorot ke peringkat lima, kembali merangsek ke posisi tiga besar. Ini setelah Rabu (6/11), tuan rumah Bengkulu berhasil menambah pundi-pundi medali. Yakni 7 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Dengan hasil tersebut, total medali yang dikemas Bengkulu menjadi 32 keping medali. Yakni 16 emas, 8 perak dan 8 perunggu yang sekarang bertengger pada posisi ketiga. Sedangkan pemuncak klasemen perolehan medali yakni Riau dengan raihan 26 medali emas, 14 perak, 20 perunggu. Dan posisi kedua ditempati Sumatera Barat (Sumbar) dengan meraih 16 medali emas, 24 perak, dan 15 perunggu (lihat klasemen perolehan medali) .

Tujuh medali emas Bengkulu yang didulang kemarin, masing-masing melalui cabang olahraga (cabor) renang 2 emas, bulutangkis 1 emas, 4 emas dari muaythai. Sementara 1 medali perak dan 1 perunggu dari cabor muaythai. Untuk 2 emas dari renang dihasilkan perenang Edward Farand Wijaya dari nomor 400 meter gaya bebas dan 200 meter gaya kupu.

Sementara 1 medali emas dari cabor badminton didapatkan dari nomor beregu putri.  Sedangkan 4 emas cabor muaythai melalui petarung Kamal Maulansyah kelas 63,5 kg, Erfin Nofitaini kelas 51 kg, Mustakim kelas 45 kg, Chandra Sede kelas 57 kg. Sedangkan satu perak diraih Bernard Sem Kafiar kelas 75 kg dan perunggu dihasilkan Silvana Herman kelas 54 kg.

Ketua Umum KONI Bengkulu Mufran Imron, SE, saat ditemui RB di GOR Pemuda Sawah Lebar Rabu (6/11), mengatakan perolehan medali emas Bengkulu akan terus bertambah sampai selesai perhelatan olahraga multi event empat tahunan se Sumatera. Bahkan ia optimis dari yang ditargetkan pemerintah 10 emas, bisa meraih dua kali lipat dari target pemerintah. Jadi Bengkulu akan kembali lagi ke posisi tiga besar. Bahkan bisa merangsek naik ke posisi dua.

“Saya optimis medali kita akan terus bertambah. Karena cabor bola voli putra/putri kita saat ini masih bertanding. Di cabor putra dan putri targetnya medali emas. Di cabor Muaythai kita sudah mendapatkan 6 medali. Sedangkan dua orang lagi akan bertanding di final besok (hari ini, red.). Saya optimis dua atlet ini bisa mempersembahkan emas. Dan target kita di cabor muaythai menjadi juara umum,’’ katanya

Dia menambahkan di cabor tinju menargetkan lima medali emas. “Sekarang kita sudah ada enam petinju yang lolos final. Dari target itu bisa bertambah enam emas. Sedangkan catur ditargetkan satu medali emas dari nomor perorangan,’’ imbuh Mufran.(cw2)

Berita Lainnya

Dua Sungai Meluap, Tiga Desa Terendam Banjir di Seluma

SELUMA –  Banjir kembali merendam ratusan rumah di tiga desa di Kecamatan Seluma Barat, Rabu ...