Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Tingkatkan Potensi Pendapatan Asli Daerah, Lakukan Uji Petik

Tingkatkan Potensi Pendapatan Asli Daerah, Lakukan Uji Petik

UJI PETIK : Tim dari Bidang Penagihan dan Pendapatan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Rejang Lebong melakukan kegiatan uji petik di hotel dan rumah makan. (foto:wanda/rb)

CURUP – Bidang Penagihan dan Pendapatan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Rejang Lebong terus berupaya memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah dari sisi retribusi dan pajak daerah. Salah satunya pajak hotel, restoran/rumah makan dan parkir yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor tersebut, mereka melaksanakan kegiatan uji petik dengan turun langsung kelapangan. Ini terkait kondisi jumlah hunian dan tingkat kunjungan dirumah makan/restoran yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Pemungutan pajak khususnya untuk restoran dan hotel yaitu sebesar 10 persen dab berdasarkan Perda Nomor 16 dan 17 tahun 2011, pajak tersebut disetorkan setiap bulan.

‘’Uji petika yang kita lakukan sudah sejak Rabu (6/11) dan rencananya dilanjutkan besok. Untuk Rabu (6/11) dan hari ini dilaksanakan di hotel dan rumah makan atau restoran. Sedangkan besok (hari ini, red) rencananya di lokasi-lokasi parkir,’’ terang Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Rejang Lebong Wuwun Mirza, MT melalui Kabid Penagihan dan Pendapatan Hari Mulyawan, SE kepada Rakyat Bbengkulu disela-sela kegiatan uji petik.

Ditambahkan Hari, uji petik dilaksanakan guna mengetahui dan memantau langsung bagaimana kondisi dilapangan. Dan ini nantinya akan dijadikan dasar untuk menghitung jumlah pajak dari masing masing wajib pajak. ‘’Meskipun selama ini sudah ada ketetapan sesuai perda yaitu 10 persen, namun kita tidak tahu pasti berapa jumlah hunian setiap bulan di masing-masing hotel. Begitu juga berapa bungkus atau porsi setiap hari yang laku di rumah makan. Makanya kita lakukan uji petik untuk sebagai dasar juga penentuan potensi jumlah Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak hotel, restoran serta parkir tahun anggaran 2020 mendatang,’’ pungkas Hari. (dtk)

Berita Lainnya

446 Botol Miras, 195 Liter Tuak Disita

CURUP – Selama Operasi Pekat Nala II Tahun 2019 yang digelar 23 November hingga 12 ...

error: Content is protected !!