Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 756 Tilang, Mobil Dinas Dokter Ikut Ditahan

756 Tilang, Mobil Dinas Dokter Ikut Ditahan

HASIL OPERASI: Mobil dan sepeda motor yang terjadi selama operasi zebra ditahan di Mapolres Bengkulu Utara. (foto:shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Polres Bengkulu Utara sudah menyelesaikan operasi zebra tahun ini. Angka pelanggaran yang ditemukan meningkat dari tahun lalu. Dalam operasi tahun ini, Polres Bengkulu Utara mengeluarkan 756 surat tilang yang artinya naik 254 dari tahun lalu yang hanya 502 surat tilang. Bahkan ada 42 kendaraan yang ditahan karena tidak bisa menunjukkan surat-suratnya.

Dari puluhan kendaraan yang ditahan polisi, juga terdapat mobil dinas BD 1211 DY yang merupakan mobil dinas dokter. Mobil tersebut ditahan polisi saat dikemudikan sopir yang tidak membawa surat kendaraan saat terjaring razia.

Terbanyak pelanggaran tidak membawa surat kendaraan saat terjaring razia sebanyak 477 kendaraan. Sebagian besar dari pelanggar adalah anak di bawah umur dan pelajar. Selama operasi zebra juga terjadi 8 kasus kecelakaan yang tiga diantara korbannya meninggal dunia.

Kapolres Bengkulu Utara AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM melalui Kabag Ops AKP. Januari Sutirto, SH mengatakan seluruh kendaaraan yang ditahan baru bisa ditebus oleh pemiliknya setelah menjalani persidangan yang mulai dilakukan pekan depan.

“Untuk kendaraan yang kita tahan karena tidak menggunakan kelengkapan, saat pengambilan kita minta dilengkapi kelengkapan standarnya,” terangnya.

Sebagian besar pelanggar yang merupakan anak di bawah umur adalah pelajar yang membawa sepeda motor. Pelajar membawa sepeda motor karena tidak ada bus khusus yang mengangkut anak sekolah. Sehingga orangtua memberikan anaknya motor untuk transportasi ke sekolah. “Kita imbau orangtua agar lebih baik mengantarkan anaknya ke sekolah dari pada memberikan anak kendaraan,” imbaunya.

Naiknya angka pelanggaran lalu lintas menunjukkan belum munculnya kesadaran masyarakat. Tak hanya itu angka kecelakaan juga meningkat dibandingkan waktu operasi tahun lalu. “Setiap kecelakaan selalu diawali dengan pelanggaran lalu lintas. Meningkatnya pelanggaran juga meningkat kecelakaan. Kesadaran masyarakat sangat penting,” ujar Kabag Ops.(qia)

Berita Lainnya

Belum Ada Calon Internal

ARGA MAKMUR – DPC Gerindra Bengkulu Utara akan menutup pendaftaran bakal calon bupati dan calon ...

error: Content is protected !!