Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Aksi Kekerasan Anak Masih Terus Terjadi

Aksi Kekerasan Anak Masih Terus Terjadi

RAN HAK ASASI MANUSIA: Bimtek rencana aksi nasional hak asasi manusia di Aula Hotel Bumi Batuah, langsung dihadiri Kakanwil Kemenkum dan HAM Bengkulu, Kamis(7/11). (foto:peri/rb)

MUKOMUKO – Sebanyak 100 pejabat eselon, kepala desa, perangkat desa, dan tokoh masyarakat diberikan bimbingan teknis (Bimtek) tentang pemenuhan hak perempuan dan anak yang berhadapan dengan hukum. Kegiatan ini digelar di Aula Hotel Bumi Batuah, Mukomuko, Kamis (7/11).

Dikatakan Sekda Mukomuko Drs. H. Marjohan, Bimtek digelar, atas keprihatinan terhadap masih ada kekerasan terhadap peremuan dan anak. Lebih miris lagi kekerasan itu kerap datang dari orang dekat.

“Kita sangat miris media massa hampir tiap hari memberitakan ada kejadian kekerasan terhadap anak dan perempuan. Kadang dilakukan orang terdekat. Ada juga paman terhadap keponakan, kakak kepada adik, suami pada istri dan lainnya,” jelas sekda.

Ini jadi tanggungjawab bersama memberikan penjelasan dan pengetahuan pada masyarakat. Artinya peserta Bimtek harus menyampaikan pada masyarakat soal tersebut. Tidak mesti hanya dilakukan melalui forum resmi atau acara khusus.

“Kekerasan terhadap perempuan dan anak perlu disampaikan. Tak harus di pertemuan khusus membahas masalah ini. Itu perul disosialisasikan ke masyarakat,” tegas sekda.

Diakuinya, kini segala aturan bisa dengan mudah diakses siapapun melalui smartphone. Namun harus tetap ada aksi di lapangan, untuk memastikan masyarakat memahami soal tindakan kekerasan tersebut.

“Walaupun sekarang aturan dan lain-lain bisa dibuka melalui Hp, tentu penyampaian dengan jelas, perlu seperti Bimtek ini,” tegas sekda.

Dalam kesempatan itu hadir langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu, Abdul Hany, Bc.IP, S.Pd, MH beserta jajaran yang sekaligus menjadi narasumber.

Kemudian narasumber lainnya adalah Ketua Pengadilan Negeri Mukomuko, Dr. Nur Kholis, SH, MH, dan FKPD Mukomuko.(hue)

Berita Lainnya

261 Honorer Akan Diajukan SK Gub

MUKOMUKO – Sebanyak 261 tenaga honoror di lingkungan SMA dan SMK serta sekolah luar biasa ...

error: Content is protected !!