Kamis , 12 Desember 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Banyak Lampu Surya Mati

Banyak Lampu Surya Mati

CURUP – Hingga saat ini, lampu jalan milik Kabupaten Rejang Lebong mencapai 3.900 unit atau titik. Dari jumlah tersebut untuk lampu jalan yang dialiri listrik PLN mencapai 3.742 titik. Sedangkan untuk lampu jalan yang sumber listriknya dari tenaga surya sebanyak 1.558 titik atau unit.

Diungkapkan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Rejang Lebong Ir. Karneli melalui Kabid Energi dan Sumber Daya Mineral Verlis P, ST kepada Rakyat Bengkulu, dari 1558 lampu jalan tenaga surya, yang masih berfungsi lebih kurang 25 persen. Sisanya saat ini dalam kondisi mati.

Dijelaskan Verlis, salah satu penyebab utama lampu-lampu jalan tenaga surya tersebut mati, lantaran aki nya diduga banyak dicuri orang tidak bertanggungjawab. ‘’Dari pantauan kita di lapangan, untuk lampu jalan tenaga surya yang masih hidup sekitar 25 persen. Dari pengecekan kita, matinya karena aki hilang dan diduga dicuri orang tidak bertanggungjawab,’’ terang Verlis.

Sedangkan untuk lampu jalan yang bersumber dari listrik PLN, sambung Verlis, yang hidup sekitar 75 persen dan sisanya mati. Rata-rata karena boklamnya putus atau sudah tidak berfungsi lagi. Namun mereka terus melakukan upaya penggantian boklam agar lampu jalan tersebut bisa hidup kembali atau berfungsi.

‘’Dari total 3.900 titik lampu jalan tersebut, sudah termasuk tahun ini diadakan sebanyak 426 titik yang sumber listriknya keseluruhan dari PLN. Fokus tahun ini dipasangan di kawasan jalan lintas Curup-Muara Aman dan Lintas Curup-Lubuk Linggau. Serta lokasi jalur jalan-jalan poros antar kecamatan,’’ demikian Verlis. (dtk)

Berita Lainnya

Jembatan ‘Palembang Kecik’ Terancam Ambruk

SBU – Bencananya alam terjadi dikawasan Desa Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu. Sekitar pukul ...

error: Content is protected !!