Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Kerugian Negara Dana Desa Bukit Makmur Ditaksir Rp 200 Juta

Kerugian Negara Dana Desa Bukit Makmur Ditaksir Rp 200 Juta

Hendri Antoro

MUKOMUKO –Terhentinya pemeriksaan lanjutan para saksi pada kasus dugaan tindak pidana korupsi dana desa Desa Bukit Harapan, Kecamatan Air Rami, karena masih  menunggu hasil audit kerugian negara.

Berdasarkan penghitugan penyidik Kejaksaan Negeri Mukomuko, kerugian  negara ditaksir mencapai Rp 200 juta. Namun untuk kepastianya tetap tunggu hasil audit.

‘’Itukan prediksi atau estimasi kita saja. Finalnya, tentu dari hasil audit kerugian negara nanti,” kata Kajari Mukomuko Hendri Antoro, S.Ag, SH, MH, melalui Kasi Pidsus, Andi Setiawan, SH.

Hingga kemarin, hasil audit belum diterima pihaknya. Tetapi dia optimis, ada kerugian negara dari dugaan Tipikor anggaran dana desa di desa tersebut. Dari kegiatan dana desa dua tahun anggaran berturut-turut itu jelas ada orang yang bertanggung jawab dalam kasus dugaan Tpikor itu. “Optimis ada dugaan kerugian negaranya,” imbuh Kasi Pidsus.

Dijelaskan, setelah penghitungan kerugian negara tuntas, penyidik kembali melakukan ekspose perkara guna mastikan kelanjutan kasus tersebut. Serta untuk menemukan dan menetapkan siapa saja yang harus tanggung jawab.

‘’Dalam ekspose itu nanti akan diketahui, siapa saja yang harus bertanggungjawab dan untuk diproses lebih lanjut,” terangnya.

Disebutkan penyebab kerugian negara muncul karena ditemukan penyidik adanya dugaan pekerjaan fiktif. Lalu kegiatan yang pendanaannya diduga dimarkup. Serta adanya kegiatan yang tidak dilaksanakan.

“Sejumlah barang bukti sudah kita sita untuk kepentingan penyidikan. Ini sebagai alat pembuktian dalam penetapan orang yang bertanggung jawab,” tutup Andi.(hue)

Berita Lainnya

261 Honorer Akan Diajukan SK Gub

MUKOMUKO – Sebanyak 261 tenaga honoror di lingkungan SMA dan SMK serta sekolah luar biasa ...

error: Content is protected !!