Selasa , 12 November 2019
Home / Berita utama / Kuota CPNS Kemenag Menunggu Rakor

Kuota CPNS Kemenag Menunggu Rakor

Bustasar

BENGKULU – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu mengusulkan 500 formasi CPNS. Belum ada kepastian alokasi formasi CPNS untuk Provinsi Bengkulu, karena Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu masih menunggu Rapat Koordinasi (rakor) oleh Kemenag RI pada tanggal 13 November ini.

“Tentang rencana rekruitmen CPNS, Kami baru dapat undangan dari sekjen kemenag untuk mengikuti rakor dalam rangka membicarakan pembahasan rencana perekruitan CPNS tahun 2019 dengan sistem CAT,” kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd melalui melalui Kasubbag Ortala dan Kepegawaian H. Iba Hartono, MH.

Dengan mendapatkan undangan rakor ini, sambung Iba, maka ada peluang bagi Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu untuk melaksanakan rekruitmen CPNS Kemenag di Provinsi Bengkulu. Akan tetapi untuk jumlah kuota yang disetujui dari 500 formasi CPNS yang diusulkan kemungkinan baru bisa dipastikan pada saat rakor tersebut. Diantara usulan tersebut, pihaknya juga mengusulkan tenaga administrasi untuk lulusan SMA sederajat.

“Kita usulkan untuk lulusan SMA sederajat, tapi apakah disetujui atau tidak itu yang masih kita tunggu,” terangnya.

Iba menerangkan Usulan didominasi untuk tenaga guru madrasah karena banyaknya guru yang memasuki masa pensiun. Juga sesuai arahan untuk memprioritaskan tenaga pendidik atau guru. Tidak hanya untuk tenaga pendidikan, tapi juga diusulkan untuk tenaga teknis lainnya seperti, administrasi. tenaga komputer, dan bendahara. Selain itu ada juga diusulkan untuk tenaga penyuluh dan penghulu

“Pelaksanaan menggunakan sistem CAT, nanti kita akan bekerjasama dengan UPT BKN Bengkulu terkait lokasi tes CPNS. Tes CAT sendiri akan digelar pada bulan Februari dan Maret tahun depan,” beber Iba.

Iba menambahkan selain mendaftar secara online melalui portal yang sudah disiapkan panitia seleksi nasional, peserta juga harus menyampaikan berkas persyaratan secara fisik kepada Kanwil kemenag Provinsi Bengkulu. Bila tahun lalu berkas bisa diantar langsung atau menggunakan pos, untuk tahun ini kemungkinan tetap sama. “Kita juga masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaannya,” tegas Iba.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Diah Irianti melalui Kabid Pengadaan Pemberhentian Informasi Kepegawaian (PPIK) Rufran mengatakan sampai saat ini belum ada petunjuk teknis tentang pelaksanaan CPNS termasuk nilai ambang batas diterima BKD Provinsi Bengkulu. Pihaknya masih menunggu hasil rakor tentang persiapan teknis pelaksanaan CPNS di Kantor Regional (Kanreg) VII BKN Palembang, 6-7 November yang diikuti jajaran dibawahnya.

“Dari rapat ini nantinya kita akan tahu info lebih jelas, termasuk tahapan pelaksanaan dan lain-lain,” ujar Rufran.

Rufran juga menegaskan bahwa sampai saat ini kuota CPNS untuk Provinsi Bengkulu masih sama, yaitu 40 formasi CPNS tidak ada penambahan. Kemungkinan penambahan CPNS akan disulkan kembali oleh pemprov untuk pelaksanaan tes CPNS tahun depan. Tahun ini paling banyak diterima pemprov, yaitu tenaga guru sebanyak 27 orang dengan berbagai kualifikasi pendidikan minimal S1.

Menyusul tenaga kesehatan ada 9 formasi CPNS, yaitu terdiri dari 8 dokter spesialis dan tenaga fisikawan medis untuk ditempatkan di RSMY dan RSJ. Kemudian paling sedikit tenaga teknis, ada 4 formasi untuk 2 jabatan dengan penempatan Dinas Kominfotik dan Bappeda. (key)

Berita Lainnya

Dua Formasi CPNS 2019 Kabupaten Lebong Untuk Penyandang Cacat

PELABAI – Dari 100 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dibuka Pemerintah Kabupaten ...

error: Content is protected !!