Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Nelayan Ipuh Akan Tangkap Kapal 77

Nelayan Ipuh Akan Tangkap Kapal 77

KEJAR-KEJARAN: Nelayan tradisional Ipuh yang melakukan pengejaran terhadap kapal pengguna pukat trawl. (foto:peri/rb)

IPUH – Nelayan tradisional Ipuh memastikan akan terus menangkap kapal yang melaut  di  perairan Ipuh, jika itu ketahuan menangkap ikan menggunakan alat tangkap pukat trawl.  Ini diungkapkan Ketua Nelayan Ipuh, Sumin.

Termasuk akan tangkap kapal yang  berhasil meloloskan diri dari kepungan nelayan Ipuh pada Selasa (5/11) lalu. Pasalnya, nelayan Ipuh memiliki dokumentasi, merek dan warna kapal yang kabur dari kejaran nelayan.

‘’Kami memiliki dokumentasinya. Sempat ada nelayan kita yang memfoto. Jelas tertulis, Bima Bersatu 73. Jadi apabila ketemu lagi, tetap kami tangkap,” ancam Sumin.

Pihaknya minta ada penegakan hukum  secara tegas kepada kapal-kapal atau nelayan yang masih gunakan alat tangkap trawl.  Apalagi sampai gunakan pukat tersebut pada wilayah perairan yang biasa menjadi tempat nelayan tradisional melaut.

Ini hendaknya menjadi perhatian pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten supaya tidak ada lagu konflik antar nelayan tradisional yang memakai jokong dengan nelayan gunakan kapal.

“Harapan nelayan, supaya pemerintah pusat, Pemda bisa menindak tegas terhadap nelayan yang gunakan alat tangkap trawl. Ini sudah jelas ilegal,” tandasnya.

Sebelumnya, nelayan menuntut kapal berikut anak buah kapal yang tertangkap para nelayan tradisional Ipuh secepatnya untuk diproses hukum sampai ke pengadilan.  Agar menjadi efek jera kepada oknum nelayan dan pemilik kapal lainnya.

Ini mencuat ke permukaan karena sebelumnya nelayan Ipuh sempat mergoki dua kapal lagi menangkap ikan gunakan alat tangkap trawl di wilayah perairan Ipuh yang jadi tempat biasa nelayan Ipuh melaut.

Kejar-kejaran tidak terelakkan. Dua kapal yang lagi memukat, satu kapal diantaranya berhasil diamankan nelayan Ipuh. Sedangkan satu unit kapal lagi berhasil lolos karena tinggalkan begitu saja pukat trawl mereka. (hue)

Berita Lainnya

Bangun Gedung Olahraga, Kuras Dana Alokasi Khusus Rp 12,8 Miliar   

MUKOMUKO – Tahun 2020 Mukomuko akan bangun Gedung Olahraga refresentatip. Untuk merealisasikan venue olahraga itu, ...

error: Content is protected !!