Selasa , 12 November 2019
Home / Metropolis / Pemda Kota Bengkulu Ajak Lestarikan Kesenian dan Kerajinan Dhol

Pemda Kota Bengkulu Ajak Lestarikan Kesenian dan Kerajinan Dhol

LESTARIKAN DHOL : Walikota H. Helmi Hasan, SE berjanji memfasilitasi kebutuhan para penggiat seni dhol untuk melestarikan dhol. (foto : febi/rb)

BENGKULU– Walikota H. Helmi Hasan, SE bersama Komisi III DPRD Kota, Jumat (8/11) melihat kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Kewirausahaan Produk Unggulan Daerah Pembuatan Dhol.  Pelatihan tersebut diikuti 100 peserta dari 3 sanggar yang ada di Kota Bengkulu. Tujuannya memberikan binaan kepada para penggiat seni dhol untuk melestarikan dhol. Terutama cara membuat alat musik dhol yang memakan waktu cukup lama karena bahan baku yang cukup susah.  Diketahui  bahan utama dhol adalah bonggol pohon kelapa yang usia sekitar 20 tahun.

“Kita butuh pengrajin-pengrajin dhol yang cukup banyak untuk menjaga kelestarian budaya dhol, karena saat ini sedikit anak muda yang bisa membuat dhol. Nanti silahkan dianggarkan alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan dhol, kita akan membantu usaha para pengerajin dhol nantinya,” ungkap Helmi singkat.

Dhol adalah sebuah alat musik asli bengkulu yang dimainkan dengan cara dipukul.(cw5)

Berita Lainnya

Fantastis, Anggaran Dewan Kota Kuras Rp 41 Miliar

BENGKULU – Jelang pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan APBD 2020, ...

error: Content is protected !!