Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Rawan Pohon Tumbang

Rawan Pohon Tumbang

BENTENG – Kondisi tanah penahan pohon di sejumlah titik jalur Liku Sembilan, Kecamatan Taba Penanjung mulai terkikis. Hal ini bias membuat pohon yang berada dipinggir tebing tersebut tumbang. Bahkan dalam sebulan ini sudah empat kali kejadian pohon tumbang di jalur gunung. Terakhir pada Rabu (6/11) pagi. Pohon tumbang sekitar pukul 05.45 WIB, mengakibatkan jalur lalu lintas mengalami kemacetan sekitar 1 jam.

Camat Taba Penanjung, Syofian Ansori, S.Sos mengatakan pohon tumbang lantaran tanah tempat akar pohon sudah terkikis habis. Beruntung dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban.

“Kalau pohon ada yang tumbang, pasti jalan jadi macet,” terangnya.

Disampaikannya, pihaknya bersama dengan masyarakat sudah melakukan pembersihan terutama dititik yang rawan oleh pohon tumbang.

“Kami juga terus memantau, terutama di saat kondisi cuaca ada tanda hujan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Benteng, Samsul Bahri, S.Pd, MM mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati melintas di kawasan pegunungan. Lantaran rentan terjadi pohon tumbang.

Kondisi pohon tumban di jalur Liku sembilan, bukan hanya saat musim panas terlebih jika sudah memasuki musim hujan. Bukan hanya pohon tumbang, tanah longsor juga rawan terjadi. “Kami imbau kepada pengguna jalur untuk selalu waspada saat melintas di jalur Liku Sembilan,” demikian Samsul. (vla)

Berita Lainnya

Tahun Depan, Optimalisasi Terminal Nakau

BENTENG – Direncanakan, tahun 2020 nanti, terminal Nakau di Desa Nakau Kecamatan Talang Empat, akan ...

error: Content is protected !!