Selasa , 12 November 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Rumah Tahanan MukoMuko Menunggu Alokasi Dana Pusat

Rumah Tahanan MukoMuko Menunggu Alokasi Dana Pusat

MUKOMUKO – Pembangunan rumah tahanan Mukomuko masih menunggu dana dari pemerintah pusat. Termasuk kalau dibangun lembaga pemasyarakatan. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu, Abdul Hany, Bc.IP, S.Pd, MH

“Kita tak bisa menentukan berapa dana yang dibutuhkan. Tindaklanjutnya pemerintah pusat yang menentukan,” kata Abdul Hany usai meninjau lahan yang dihibahkan Pemkab Mukomuko ke Kanwil Kemenkum dan HAM Bengkulu.

Diakuinya, membangun rumah tahanan maupun Lapas membutuhkan dana yang cukup besar. Karena sejumlah fasilitas harus tersedia di Rutan ataupun Lapas.

Dijelaskannya, tidak ada lagi kendala dari daerah guna wujudkan Rutan/Lapas Mukomuko. Apalagi lahan seluas 4,5 hektare itu sudah dihibahkan ke Kanwil Kemenkum dan HAM Bengkulu.

“Dengan seperti ini, kita sampaikan bahwa kita dapat hibah tanah dari Pemda. Kendala dari daerah tidak ada malah akan mendukung sekali,” ujar Abdul Hany.

Menurutnya, sangat diperlukan Rutan/Lapas dibangun di Mukomuko. Mengingat jarak tempuh Mukomuko ke Argamakmur bisa mencapai tujuh jam. Ini akan berdampak pada kesehatan terdakwa, ditambah resiko disepanjang perjalanan.

“Dengan tujuh jam itu, cukup lelah. Resiko macam-macam. Tetap ini jadi pertimbangan data-data pendukung. Terkait hal itu sudah kita mintakan. Jadi tergantung lagi dengan pusat, mana yang didahulukan. Sebab ini rencana pembangunan nasional, pimpinan diatas yang menentukan,” kata Abdul Hany.

Sekda Mukomuko Drs. H. Marjohan mengatakan Pemkab Mukomuko sudah serahkan lahan untuk pembangunan Rutan dan Lapas Mukomuko. Pihaknya berharap secepatnya rumah tahanan atau Lapas bisa berdiri di Mukomuko. Ini untuk memudahkan masyarakat, khususnya yang sedang dalam mencari keadilan di mata hukum.

“Tadi sudah meninjau lokasi Lapas yang akan dibangun bersama Pak Bupati. Tanahnya sudah kita serahkan ke Kakanwil Kemenkum dan HAM untuk segera dibangun,” harap sekda.

Sementara itu, Bidang Aset Daerah Badan Keuangan Daerah Mukomuko memasang plang merek di lahan hibah untuk Rutan/Lapas Mukomuko, kemarin pagi. Agar lahan tersebut tidak diserobot warga. Juga memudahkan Kemenkum dan HAM mengetahui lokasi lahan.

“Supaya tanah milik daerah yang dihibahkan untuk lokasi pembangunan lapas biar aman dan tidak diserobot oleh oknum warga,” kata Kabid Aset Daerah Badan Keuangan Daerah Mukomuko, Budiarto, ST.(hue)

Berita Lainnya

261 Honorer Akan Diajukan SK Gub

MUKOMUKO – Sebanyak 261 tenaga honoror di lingkungan SMA dan SMK serta sekolah luar biasa ...

error: Content is protected !!