Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Besok Pendaftaran CPNS Mulai Dibuka, Salah Legalisir Langsung Gugur

Besok Pendaftaran CPNS Mulai Dibuka, Salah Legalisir Langsung Gugur

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara sudah menyampaikan beberapa persyaratan umum yang sudah boleh disiapkan oleh calon peserta, termasuk ijazah. Ini lantaran tahun lalu beberapa ijazah persyaratan peserta harus diperbaiki lantaran legalisir ijazah dianggap tidak sah.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pegembangan Sumberdaya Manusia (BK-PSDM) Bengkulu Utara Drs. H Setyo Budi Raharjo, M.Pd menuturkan legalisir ijazah harus sesuai dengan Keputusan Kepala BKN No 11 tahun 2002. Untuk ijazah sarjana Universitas atau institut harus dokeluarkan oleh Rektor, Pembantu Resktor Bidang Akademik atau paling tidak dekan.

“Karena tahun lalu masih ada yang dilegalisir oleh Kepala  Program Studi. Itu tidak sah, dan jika sampi akhir masa pendaftaran maka kita anggap berkas tidak memenuhi syarat atau peserta langsung dinyatakan gugur atau tak lulus,’’ terangnya.

Sedangkan untuk SMA sederajad hanya boleh dilegalisir oleh kepala sekolah atau dinas pendidikan atau minimal Kepala Bidang yang Berkompeten di Dinas Pendidikan masing-masing wilayah sekolah terkait. Selain dikoreksi oleh Panselda, persyaratan juga akan dikoreksi oleh Panselnas.

“Jadi tidak bisa main-main. Kalaupun nanti lolos dan dinyatakan lulus dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan ditemukan bermasalah, maka akan dibatalkan,” pungkasnya.

Terpisah Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Benteng, Apileslipi, S.Kom, M.Si memastikan bahwa pendaftaran peserta tes CPNS  secara online mulai dibuka, Senin (11/11). ’Sudah dibuka secara nasional, Senin besok,’’ ujar Apileslipi.

Dijelaskannya, untuk proses pendaftaran sama seperti tahun lalu. Peserta melampirkan scan ijazah, dan identitas lainnya. Sementara untuk syarat pendukuung seperti SKCK, Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani bisa dilakukan menyusul setelah peserta dinyatakan lulus dalam tes CPNS. Pendaftaran juga akan berakhir pada 25 November mendatang. ‘’Pendaftaran resminya selama 2 Minggu,’’ jelas Apileslipi.

Untuk calon peserta tes yang sudah melakukan pendaftaarn secara online juga harus merigester ulang pendaftaran ke panitia daerah setempat. Pada proses daftar ulang tersebut juga harus melampirkan syarat yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

Sementara menyangkut peluang bagi calon peserta tes yang telah mengikuti tes tahun lalu dan lulus nilai minimal nilai standar seperti yang ditetapkan oleh panitia tes CPNS pusat dalam Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), disampaikan Apileslipi pasti akan langsung masukd alam data base untuk tes selanjutnya. Karena, daftar peserta tersebut sudah masuk sistem yang tidak akan hilang dan langsung bisa dilihat baik itu oleh calon peserta tes ataupun panitia tes CPNS dipusat.

Diingatkan juga, bahwa untuk pelaksanaan tes CPNS ini, panitia di BKPSDM daerah hanya membantu. Semua panitia inti dari BKN pusat yang juga akan langsung hadir dan mengawasi peserta saat mengikuti tes nanti.

Untuki diketahui, bahwa Kabupaten Benteng tahun ini mendapat kuota sebanyak 132 CPNS. Rincian 67 tenaga pendidikan, 33 tenaga kesehatan dan 32 tenaga teknis.(vla/qia)

Berita Lainnya

Pesawat 9 Penumbang Kembali Menuju Enggano

ARGA MAKMUR – Meskipun hanya satu kapal motor yang bisa mengangkut penumpang dari Kota Bengkulu ...

error: Content is protected !!