Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / BPJS Naik, Anggaran Jamkesda Rp 2,6 MILIAR

BPJS Naik, Anggaran Jamkesda Rp 2,6 MILIAR

ARGA MAKMUR – Kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bukan hanya pada progam mandiri. Kenaikan juga terjadi bagi pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) program Penerima Biaya Iuran (PBI).

Saat ini, selain ada 113 ribu penerima yang dibayar oleh APBN melalui program pemerintah pusat ada juga 52 ribu yang dibayarkan melalui APBD melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Dengan kenaikan tarif dari Rp 25.500 untuk kelas III menjadi Rp 42 ribu, maka Pemkab BU juga harus menganggarkan dana lebih tahun depan.

Tahun ini Pemkab BU mengucurkan Rp 1,9 miliar untuk biaya Jamkesda. Tahun depan Pemkab BU harus menyiapkan dana Rp 2,65 milar dengan asumsi kenaikan yang sudah diumumkan atau membutuhkan tambahan dana Rp 1,1 M.

Kadis Kesehatan BU, Samsul Ma’arif, SKM, M.Kes menuturkan sudah menyampaikan asumsi tersebut ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk dilanjutkan dalam pembahasan. Namun resminya ia menunggu surat dari BPJS Kesehatan sebagai dasar.

“Kenaikan terhitung 1 Januari. Jadi di APBD tahun depan kita sudah harus menambah anggaran untuk Jamkesda dengan jumlah penerima yang sama dengan tahun ini,” katanya.

Ia memastikan tidak akan mengurangi jumlah peserta Jamkesda sebagai dampak kenaikan tarif tersebut. Meskipun konsekuensinya Pemkab haru smenambah anggaran. ‘’Kita tidak mungkin mengurangi peserta, karena itu sangat dibutuhkan masyarakat. Dengan kenaikan, jika kita mengurangi bukan tak mungkin masyarakat memilih tidak akan mendaftar ke BPJS Kesehatan,” katanya.

Namun setiap tahun Pemkab BU melakukan verifikasi penerima. Artinya penerima yang sudah tidak layak mendapakan program Jamkesda karena dinilai sudah mampu, maka dialihkan pada penerima yang lebih layak. “Program Jamkesda itu untuk menutupi masyarakat yang layak menerima bantuan namun tidak masuk dalam program nasional,” pungkasnya.(qia)

Berita Lainnya

Perubahan Nomenklatur Ada Pejabat Bakal Nonjob

ARGA MAKMUR – DPRD Bengkulu Utara akan membahas nomenklatur baru beberapa Organisasi Perangkat Daerah. Diantaranya ...

error: Content is protected !!