Jumat , 6 Desember 2019
Home / Metropolis / ITK Triwulan IV Lebih Pesimis

ITK Triwulan IV Lebih Pesimis

BENGKULU – Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan Indeks Tendensi Konsumen (ITK) di Provinsi Bengkulu pada triwulan ke-IV yakni Oktober hingga Desember lebih pesimis jika dibanding periode Juli – September alias triwulan ke-III. Pasalnya periode bulan ke 10 dan ke-12 kalender masehi ini, diprediksi dengan angka indeks hanya sebesar 95, 48.

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Provinsi Bengkulu, Rudy Nooryadi, S.Si, ME menegaskan penurunan ini menandakan persepsi masyarakat terhadap kondisi ekonomi Bengkulu triwulan berikut kurang begitu baik. Penyebabnya kata pria asal Kalimantan Selatan ini lantaran rencana pembelian barang tahan lama dengan perkiraan indeks sebesar 71, 29 persen, cukup dalam penurunannya.

Meski sebenarnya hasil survei BPS memperkirakan pada triwulan ke-IV ini jika dibanding dengan triwulan ke-III terjadi peningkatan pendapatan masyarakat dengan indeks melampaui angka normal yang mencapai besaran 109, 28.

Perlu diketahui sambung Rudy, survei ini mendata persepsi masyarakat tentang perkembangan ekonomi dan perilaku konsumsi. Oleh karena itu ada kemungkinan pada triwulan ke-IV ini, kendati pendapatan ada peningkatan, masyarakat masih menahan diri untuk melakukan pembelian barang tahan lama yang sifatnya masih keperluan tersier atau bukan kebutuhan pokok.

Sedangkan keperluan pokok kata dia untuk konsumsi makanan serta kebutuhan sekunder seperti untuk pendidikan, pakaian dan kesehatan masih lebih utama. “Mungkin kelebihan pendapatan akan disimpan dalam bentuk tabungan,” paparnya. Contoh-contoh pembelian barang tahan lama yang dimaksud BPS antara lain, Seperti pembelian televisi, kulkas, laptop, Handphone, sepeda motor dan lain-lain.

“Contoh lain untuk keperluan pesta hajatan, perkawinan, umrah dan lain-lain, bahkan termasuk perjalanan keluar daerah yang tujuannya untuk rekreasi,” tukasnya.

Melakukan perbandingan secara regional, pada triwulan IV-2019, sebagian besar provinsi di Pulau Sumatera diperkirakan menunjukkan optimisme terhadap kondisi ekonomi daerah masing-masing, kecuali provinsi Bangka Belitung dan Bengkulu. Sedangkan secara umum, nilai ITK di pulau Sumatera pada triwulan IV-2019 diperkirakan akan sama jumlahnya antara nilai yang lebih rendah dan yang lebih tinggi dari perkiraan nilai ITK nasional yang sebesar 103,80. (iks)

Berita Lainnya

Bersih Pantai TNI dan Pemda, Peringati Hari Juang Kartika

BENGKULU– Memperingati HUT TNI Angkatan Darat ke -74 tahun 2019, Komando Distrik Militer (KODIM) 047 ...

error: Content is protected !!