Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Metropolis / Penerima Program Keluarga Harapan Bisa Bertambah

Penerima Program Keluarga Harapan Bisa Bertambah

BENGKULU – Penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap IV Rp 47,337 miliar di Provinsi Bengkulu tuntas disalurkan. Program ini kembali akan diluncurkan tahun depan, dan jumlah penerima di Provinsi Bengkulu berpeluang bertambah. Untuk menggenapkan target 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pogram PKH se Indonesia.

“Sementara masih penggenapan 10 juta KPM se Indonesia. Sekarang baru sekitar 9,8 juta KPM penerima bantuan PKH se Indonesia. Jadi ada tambahan validasi di beberapa daerah di Provinsi Bengkulu,” ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu Dr.H. Iskandar ZO, SH, M.SI melalui Koordinator Wilayah (Korwil) PKH Provinsi Bengkulu Dra. Hj. Elisa Yuniarti, M.Si.

Validasi tambahan data penerima ini, sambung Elisa, tidak dilakukan disemua daerah di Provinsi Bengkulu. Hanya beberap kabupaten, seperti di Kota Bengkulu, Rejang Lebong, Kepahiang, Kaur, Bengkulu Selatan, dan Bengkulu Tengah (Benteng). Untuk data validasi tambahan penerima ini langsung dari pusat, bukan melalui pengusulan. Namun tetap dilakukan validasi dan verifikasi oleh pendamping PKH, untuk memastikan layak atau tidaknya masuk sebagai penerima.

“Kita hanya menerima data tambahan dari pusat, tinggal melakukan validasi. Bukan usulan baru, tapi yang sudah ada di Basis Data Terpadu (BDT). Dan penerima tambahan ini adalah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” bebernya.

Untuk komponen bantuan Program PKH terdiri dari, yaitu komponen kesehatan meliputi kategori ibu hamil Rp 2,4 juta pertahun, anak balita Rp 2,4 juta pertahun. Lalu komponen pendidikan meliputi anak SD Rp 900 ribu pertahun, anak SMP Rp 1,5 juta pertahun dan anak SMA Rp 2 juta pertanuh. Kemudian komponen ksejahteraan sosial, terdiri dari lansia Rp 2,4 juta pertahun dan disabilitas berat Rp 2,4 juta pertahun.

“Masing-masing KPM menerima bantuan sesuai komponen yang ada dalam keluarga tersebut. Maksimal yang dibantu untuk 4 kategori di KPM, tidak bisa semua kategori,” sambung Elisa.

Untuk di Provinsi Bengkulu pada penyaluran tahap IV, terangnya, ada 84.295 KPM tersebar di 10 kabupaten/kota menerima Program PKH ini. Jumlah penerima ini berkurang dari penyaluran tahap 3, yaitu ada 87.776 KPM atau sebesar Rp 68, 588 miliar. Pengurangan jumlah penerima bantuan Program PKH pada tahap IV ini dikarenakan beberapa penyebab. Diantaranya, sebagian besar penerima mengundurkan diri karena sudah merasa menjadi keluarga sejahtera. Penyebab lainnya sudah tidak ada komponen bantuan PKH pada keluarga tersebut.

“Ada yang secara sadar mengundurkan diri, dan ada juga yang tidak lagi menerima manfaat program karena sudah tidak ada komponen dalam keluarga tersebut. Misalnya tidak ada lagi anak sekolah,” terang Elisa.

Total penyaluran bantuan Program PKH di Provinsi Bengkulu tahun ini mencapai Rp 290,388 miliar. Meliputi tahap 1, sebesar Rp 109,822 miliar dengan jumlah penerima 86.364 KPM, tahap II Rp 64,640 miliar dengan jumlah penerima 88.844 KPM. Lalu tahap III Rp 68,588 miliar dengan jumlah penerima 87.776 KPM, dan terakhir disalurkan tahap IV sebesar Rp 47,337 miliar dengan jumlah penerima 84.295 KPM.  Pada tahap I ada tambahan Rp 550 ribu bantuan tetap untuk setiap KPM. (key)

Berita Lainnya

Bersih Pantai TNI dan Pemda, Peringati Hari Juang Kartika

BENGKULU– Memperingati HUT TNI Angkatan Darat ke -74 tahun 2019, Komando Distrik Militer (KODIM) 047 ...

error: Content is protected !!