Minggu , 15 Desember 2019
Home / Metropolis / Generasi Muda Pahlawan Masa Kini

Generasi Muda Pahlawan Masa Kini

TABUR BUNGA: wakil Gubernur Bengkulu,Dedy Ermansyah menabur bunga di TMP balai buntar dalam rangka peringatan hari pahlawan,(foto: humaspemprov/rb).

BENGKULU – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu Minggu (10/11) menggelar upacara dan juga ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Balai Buntar Kota Bengkulu.

Peringatan hari pahlawan ini diharapkan dapat menjadi pengingat tentang perjuangan para pahlawan bangsa dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 74 tahun silam.

Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA mengatakan bahwa generasi muda saat ini memikul tanggung jawab untuk memajukan negara Indonesia. Ia mengatakan bahwa menjadi pahlawan tak lagi harus dengan mengangkat senjata namun dengan kemampuannya. Generasi muda harus mampu mengejar prestasi setinggi-tingginya namun harus tetap menjaga karakter bangsa sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia, nilai budaya Indonesia.

Selain itu juga generasi muda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan masa depan dengan segala macam peluang yang ada dan ini. Dengan begitu maka generasi muda akan mampu menjadi pahlawan masa kini.

“Tentu harus didasari dengan kemampuan yang baik, hal ini penting bagi generasi muda sekarang untuk menjadi pahlawan masa kini,” tuturnya.

Ia menambahkan, sebagai pahlawan masa kini tentunya akan banyak tantangan yang harus dilalui. Namun hal ini jangan sampai menyurutkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Apalagi saat ini adalah era membangun dimana artinya adalah pembangunan akan berdampak bagi kesehahteraan masyarakat.

“Eranya sekarang adalah era membangun dan tentu yang kita bangun sekarang adalah bagaimana mensejahterakan masyarakat dengan berbagai macam aktifitas pembangunan,” ungkapnya.

Ditambahkan, Wakil Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah, SE peringatan Hari Pahlawan harus dimaknai dengan semangat untuk menjadi pahlawan masa kini, dengan terus mempertahankan kedaulatan NKRI. “Sekarang, untuk menjadi pahlawan, tidak hanya mereka yang berjuang dengan mengangkat senjata, tetapi kita juga bisa yakni dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang dan membawa harum nama bangsa di mata Internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Pemkot Bengkulu juga menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Walikota Bengkulu  kemarin. Wawali Kota Bengkulu, Dedy Wahyudi, SE, MM yang menjadi inspektur upacara menyampaikan, setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini,” sampainya.

Terlebih lagi, sambung Dedy, dibutuhkan sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

“Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial. Sehingga kedepan mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial,” terangnya.

Selain itu menurut Dedy, dengan peringatan hari pahlawan hendaknya bisa mengingatkan semua orang akan jasa para pahlawan yang sangat besar bagi bangsa dan negara. “Kita mengingat perjuangan para pahlawan yang sudah dengan keringat,tenaga, dan darahnya untuk bangsa ini,” ujarnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa karena kemerdekaan harus diisi dengan hal yang baik dan bermanfaat.

“Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya yang dapat menjadi bangsa yang besar. Untuk itu kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini,” tutupnya.(cup/new)

 

Berita Lainnya

Jamkesda Hanya Sanggup Akomodir 23 Ribu Warga

BENGKULU – Pemprov Bengkulu mengalokasikan dana bagi hasil dari pajak rokok sebesar Rp 12 miliar ...

error: Content is protected !!