Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Dana Alokasi Khusus Perikanan Meningkat

Dana Alokasi Khusus Perikanan Meningkat

BENTENG – Pemkab Bengkulu Tengah tahun depan mendapatkan jatah dana alokasi khusus (DAK) bidang perikanan Rp 1 miliar. Rencananya, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) akan membangun jalan sentra produksi perikanan. Pengadaan bibit ikan gurami dan penyediaan pakan ikan untuk kelompok pembudidaya ikan Desa Sukarami Kecamatan Taba Penanjung. Hal tersebut diungkapkan Kabid Perikanan Budidaya DKPP Bengkulu Tengah, Zulian Efendi, SP. Dia menjelaskan tahun 2020 ada peningkatan DAK yang diperoleh oleh DKPP Bengkulu Tengah. Dimana tahun ini DAK perikanan hanya Rp 620 juta. Sementara DAK tahun ini digunakan untuk pembangunan jalan sentra produksi perikanan yang ada di Desa Taba Lagan Kecamatan Semidang Lagan.

Rencana kedepan, bisa juga dikembangkan sebagai sarana untuk belajar bagi siswa. Bagaimana cara membudidayakan ikan terutama untuk perikanan air tawar.

Disampaikannya, berdasarkan  data yang dimiliki DKPP Bengkulu Tengah, saat ini ada 206 kelompok pembudidaya ikan. Akibat banjir dan tanah longsor beberapa waktu lalu, mengakibatkan sejumlah lahan milik kelompok pembudidya rusak. Tersisa 42 kelompok yang masih aktif, termasuk di dalamnya Unit Pembenihan Rakyat (UPR).

“Untuk jalan sentra produksi perikanan, akan dibangun berdasarkan usulan kelompok pembudidaya ikan yang aktif,” demikian Zulian.(vla)

Berita Lainnya

Dinas Pemadam Kebakaran Sidak Alat Pemadam Api Ringan

BENTENG – Alat Pemadam Api Ringan harus disiapkan oleh seluruh perusahaan yang berada di Kabupaten ...

error: Content is protected !!