Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Pengerjaan Pengaman Tebing Diduga Merusak Sungai

Pengerjaan Pengaman Tebing Diduga Merusak Sungai

KERING: Inilah penampakan aliran Sungai Beliti yang sudah mengering karena dibelokan untuk kepentingan pembangunan penahan tebing antara Desa Merantau dan Desa Periang,(foto: wanda/rb).

CURUP – Pembangunan pengaman tebing yang dilaksanakan di kawasan antara Desa Merantau dengan Desa Periang Kecamatan Sindang Beliti Iilir menuai protes dari masyarakat. Salah satunya datang dari Persatuan Masyarakat Lembak (PML) Kabupaten Rejang Lebong (RL). Hal ini lantaran dalam pelaksanaan pembangun pengaman tebing tersebut pihak ketiga diduga tidak memiliki Amdal yang jelas.

Diungkapkan Sekretaris PML Kabupaten Rejang Lebong Ishak Burmansyah alias Burandam, mereka menilai Amdal yang tidak jelas tersebut, karena dalam pelaksanaannya pihak rekanan memintahkan jalur atau aliran Sungai Beliti secara sepihak. Sehingga saat ini ada sekitar 100 meter jalur aliran sungai yang mengering karena dibelokan oleh pihak rekanan.

‘’Dengan begitu kita menduga sudah terjadi pengerusakan lingkungan dan ekosistem lantaran adanya pengalihan aliran di Sungai Beliti tersebut. Dengan dibeloknya aliran sungai tersebut jelas-jelas telah merusak ekosistem kehidupan habitat air yang ada di sungai tersebut,’’ terang Burandam.

Hal ini juga, sambung Burandam, diduga pihak rekanan telah melanggar Undang-undang Nomor 11 tahun 1976 tentang Sumber Daya Air. Serta melanggar Peraturan Menteri PU Nomor 35 Tentang Sungai. Dan pembelokan aliran sungai yang berdampak pada ekosistem sungai juga, berdasarkan Undang-undang nomor 32 tahun 2009 merupakan tindakan kejahatan terhadap lingkungan.

‘’Kita akan pertanyakan ini dengan pemerintah daerah, termasuk soal Amdal mereka. Apakah memang ada perintah untuk melakukan pembelokan aliran sungai. Atau ternyata ini hanya kebijakan sepihak dari rekanan. Karena ini sudah jelas-jelas nyata merusak ekosistem yang ada disungai,’’ imbuh Burandam.(dtk)

Berita Lainnya

Warga Sukaraja Curup dengan Luka Tewas Dileher, Diduga Korban Perampokan

CURUP– Hilangnya sejumlah benda berharga dan uang milik Hj Kartini (55) warga Sukaraja Curup Rejang ...

error: Content is protected !!