Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Tahun Depan, Optimalisasi Terminal Nakau

Tahun Depan, Optimalisasi Terminal Nakau

TAHUN DEPAN: Direncanakan peningkatan sarana di Terminal Nakau untuk lebih memaksimalkan penarikan retribusi dari jasa angkutan barang,(foto: fintah/rb).

BENTENG – Direncanakan, tahun 2020 nanti, terminal Nakau di Desa Nakau Kecamatan Talang Empat, akan lebih dioptimalkan lagi. Hal ini dalam rangka mengejar target pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari jasa angkutan dan barang. Namun hal tersebut, akan didahului dengan beberapa perbaikan terutama untuk jalur masuk kedalam terminal.

Kabid Sarana dan Prasarana, Dinas Perhubungan (dishub) Kabupaten Bengkulu Tengah, Evariah Mahdaniar, S.IP menjelaskan potensi untuk sumber PAD terbilang belum maksimal selama ini. Seperti dari jasa angkutan dan barang, yang terkendala sarana atau fasilitas untuk penarikan retribusi yang belum lengkap.

“Jalan harus lancar untuk dilalui kendaraan yang masuk kedalam terminal,” katanya.

Untuk tahun ini baru selesai satu terminal yang akan difungsikan menarik PAD yakni di Terminal Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa. Sementara untuk dua terminal lainnya yakni Terminal Nakau dan Taba Penanjung, masih belum bisa dilakukan penarikan retribusi meskipun peluang tersebut sangat besar karena terkendala sarana yang belum memadai. terutama untuk aturan, kendaraan yang akan membayar retribusi wajib untuk masuk terminal.

Dan terkait hal ini, Evariah mengatakan perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana terutama untuk dua terminal lain yakni Nakau dan Taba Penanjung, dilakukan secara bertahap.

Diakhir tahun ini, masih akan dilakukan juga uji coba untuk penarikan retribusi kendaraan angkutan dan barang pada terminal pasra pedati. Sementara wajib berlakunya mulai tahun 2020.

“Penarikan retribusi kendaraan angkutan dan barang harus sesuai aturan dan sarana yang lengkap,” demikian Evariah.(vla)

Berita Lainnya

Kreatifitas Pangan Cegah Stunting

BENTENG – Salah satu kiat pemerintah daerah dalam mendukung penurunan angka stunting atau kekurangan gizi ...