Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Wisata Durian Ulu Manna

Wisata Durian Ulu Manna

TEBAT: Tebat Rukis jadi lokasi jual durian dari wilayah Ulu Manna. (foto:rio/rb)

ULU MANNA –  Desa Air Tenam dan Kayu Ajaran Kecamatan Ulu Manna mulai dilirik Dinas Pariwisata sebagai salah satu desa wisata buah. Yakni wisata buah durian.

Karena kedua desa tersebut menjadi sentral penghasil buah durian di  Bengkulu Selatan. Wacana tersebut muncul karena dengan panorama yang indah, yang berada di aliran sungai Air Manna.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan, Drs. Yulian Fauzi guna menjadikan Ulu Manna ini menjadi wilayah wisata buah di Bengkulu Selatan pihaknya sudah menyiapkan beberapa agenda wisata di Kecamatan Ulu Manna.

Jika sebelumnya Dinas Pariwisata fokus pada kegiatan Arung Jeram. Namun kali ini Desa Air Tenam dan Kayu Ajaran bakal dijadikan salah satu destinasi wisata kebun durian.

‘’Wacana ini muncul, usai dilakukan survei oleh petugas Dinas Pariwisata. Karena jika memadukan konsep Arung Jeram dan buah durian,  tentu menjadi salah satu unggulan Kecamatan Ulu Manna dalam menarik minat pengunjung untuk datang,’’ ujar Yulian.

Lebih lanjut dikatakan konsep wisata kebun durian, nantinya bakal dikembangkan secara khusus. Karena potensi kebun durian berada dipinggiran aliran sungai Air Manna sangat banyak. Terlebih para pengunjung disajikan dengan pemandangan menarik lainnya.

Karenanya Dinas Pariwisata akan melakukan pembahasan bersama dengan pemerintah di Kecamatan Ulu Manna soal wacana tersebut. Karena, wisata musiman khususnya buah jarang diadakan.

‘’Dari tahun ke tahun, Ulu Manna penghasil buah durian terbanyak. Jadi tak salah bila dijadikan sebagai wisata buah dan ini akan dibicarakan lebih lanjut dengan pihak desa setempat,” terang Yulian.

Selain itu, Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan juga minta supaya ada pengawasan secara khusus kepada kepala desa di Kecamatan Ulu Manna. Supaya memberi pengertian kepada masyarakat untuk hindari penebangan pohon durian di sekitar Kecamatan Ulu Manna.

“Yang pasti untuk menjadikan Ulu Manna ini sebagai wisata buah, ya pohon durian harus dijaga benar,” pungkasnya.(tek)

Berita Lainnya

Diduga Mesum, Oknum Pjs Kades di Bengkulu Selatan Digerebek Warga

PINO RAYA– Oknum Pejabat Sementara (Pjs) Kades Talang Padang Kecamatan Pino Raya, Sy, digerebek warga ...

error: Content is protected !!