Sabtu , 22 Februari 2020
Home / Pemilu / Butuh 26.676 Surat Suara

Butuh 26.676 Surat Suara

Jaka Santoso

BENTENG – Sebanyak 26.676 surat surat dibutuhkan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di 46 desa tahun 2019 ini. Dan saat ini, surat suara tersebut sudah selesai proses pencetakannya, dan siap didistribusikan ke desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa.

Kabag Pemerintahan Setdakab Benteng, Drs. Jaka Santoso menjelaskan sesuai dengan jumlah DPT di 46 desa sebanyak 26.025 jiwa yang berhak memilih dalam Pilkades. Namun untuk pencetakan surat suara lalu, ditambah dengan 2,5 persen dari total DPT.

“Maka didapat angka kebutuhan surat suara tersebut sebanyak 26.676,” terang Jaka.

Dijelaskannya, untuk proses pencetakan surat suara, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk Pemilihan Kepala Desa tahun 2019 dengan nilai total anggaran Rp 600 juta, dibagikan untuk pencetakan surat suara dengan nilai per lembar surat suara sebesar Rp 2.750. Dimana dalamnya tercantum nomor urut, foto dan nama calon yang menjadi peserta Pemilihan Kepala Desa.

Disampaikannya, untuk tambahan 2,5 persen surat suara tersebut, merupakan cadangan yang bisa digunakan jika memang dibutuhkan. Misalnya ada penambahan DPT namun harus dibuktikan dengan kejelasan identitas lengkap pemilih, terutama tempat tinggal yang juga harus diketahui dan dilegalisir oleh Dukcapil.

Untuk desa yang melaksanakan Pilkades, diketahui ada 5 desa yang memiliki DPT di atas seribu. Diantaranya Desa Pekik Nyaring 2.996, Kembang Seri 1.929, Air Sebakul 1.120, Padang Betuah 1.039 dan Harapan 1.039.  Data tersebut langsung masuk dari Panitia Pemilihan Kepala Desa di desa dan sudah direkap oleh panitia Pilkades Kabupaten Benteng.

Jaka mengarapkan, agar pelaksanaan bisa diikuti dengan baik terutama warga desa untuk bisa berpartisipasi sebagai pemilih. Karena, pemilihan dari warga desa juga menentukan arah pembangunan desa untuk 6 tahun ke depan.

“Pilihannya bagus tentu desa bisa bagus, namun sebaliknya jika pilihannya kurang baik maka bisa berdampak negatif bagi pembangunan di desa,” demikian jaka. (vla)

Berita Lainnya

Dukungan Pilgub PKS Masih Tunggu DPP

BENGKULU– Tiga nama telah dilayangkan DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Bengkulu ke Dewan Pimpinan …