Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Dinas Kesehatan Usulkan Anggaran Fogging Rp 200 Juta

Dinas Kesehatan Usulkan Anggaran Fogging Rp 200 Juta

OPTIMIS: Tim Dinas Kesehatan Benngkulu Tengah optimis untuk pencegahan penyalit tahun depan dengan dukungan dana dari pemkab Benngkulu Tengah. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Pemerintah Kabupaten Benteng untuk tahun 2020 mendatang, menganggarkan dana untuk pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue. Hal ini belajar dari kasus yang terjadi selama 2019 ini, dan terakhir di Desa Kembang Ayun pada Oktober lalu, yang sampai menimbulkan korban jiwa sebanyak 1 orang.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Benngkulu Tengah, Ns.Gusti Miniarti, S.KM. “Pemerintah saat ini cukup responsif untuk melakukan upaya pencegahan,” terangnya.

Mengenai besaran anggaran untuk dana khusus pencegahan Demam Berdarah Dengue, Gusti belum bisa memaparkannya dengan alasan masih belum ketok palu, karena hal tersebut masuk dalam item anggaran di RAPBD tahun 2020. Disampaikan Gusti, pencegahan akan lebih diutamakan dalam upaya memberantas penyakit Demam Berdarah Dengue ataupun penyakit lainnya. Karena dinilai lebih efektif dan tentu lebih banyak menghemat anggaran.

Untuk beberapa pola pencegahan, setiap Puskesmas akan dikerahkan lebih giat lagi dalam melaksanakan sosialisasi. Dimana Dinas Kesehatan Benngkulu Tengah saat ini memiliki 20 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Benngkulu Tengah, serta didukung oleh RSUD Benngkulu Tengah dalam pelayanan dan jaminan kesehatan di masyarakat.

Gusti juga menyampaikan, untuk dareah atau aeral yang sempat terdata sebagai areal Demam Berdarah Dengue, diutamakan untuk difogging. Disamping itu juga mewaspadai pada beberapa daerah yang berdekatan dengan air. Karena, perkembangbiakan nyamuk utamanya pada daerah basah atau berair.

“Salah satu bentuk pencegahan yakni dengan membersihkan tempat penampungan air,” demikian Gusti.

Sementara itu, Waka II DPRD Benngkulu Tengah, Evi Susanti, S.IP mengatakan, memang ada usulan anggaran untuk kegiatan fogging sebesar Rp 200 juta di RAPBD 2020. Ia siap memperjuangkan anggaran itu agar bisa lolos untuk disahkan. Sebab belajar dari kasus Demam Berdarah Dengue yang banyak terjadi pada tahun 2019, tenty fogging akan cukup membantu pencegahan Demam Berdarah Dengue. “Kami siap bantu mengakomodirnya,” ujar Evi. (vla)

Berita Lainnya

Diberi Identitas, Taman Hutan Raya Jadi Spot Foto Baru

BENTENG –  Identitas Taman Hutan Raya Rajo Lelo di Desa Tanjung Terdana, Kecamatan Pondok Kubang, ...

error: Content is protected !!