Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Lahan Kelapa Sawit Terbakar

Lahan Kelapa Sawit Terbakar

KEBAKARAN: Kebakaran di lahan kebun sawit sekaligus lahan persawahan di Desa Pekik Nyaring yang diduga akibat puntung rokok. Tampak mobil PBK tak bisa masuk ke lokasi. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Kebakaraan menjelang magrib, Selasa (12/11) sekitar pukul 17.00 WIB terjadi di areal perkebunan sawit dan persawahan Blok IV Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa. Api setidaknya sudah membakar tak kurang dari 5 hektare lahan, dan masih terus bergerak menjalan areal yang lain dan belum bisa dipadamkan.

Saksi mata, Adnand Kasidi warga Desa Pekik Nyaring mengatakan, kebakaran baru diketahui ketika api sudah menjalar memasuki areal perkebunan sawit. Sebelumnya, api membakar padang rumput yang berada ditengah lahan persawahan yang sudah lama tidak digarap karena musim kemarau.

“Dugaan sementara api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan,” terangnya.

Dijelaskannya, warga yang mengetahui adanya kebakaran juga sudah berupaya memadamkan api. Namun api dengan cepat merambat membakar rumput yang sudah banyak kering. Sementara untuk sumber air guna memadamkan api juga terbilang minim. Karena, lahan persawahan saja saat ini semuanya sudah kering dan tidak memiliki air.

Petugas kebakaran yang dihubungi dengan cepat menuju lokasi. Namun, sangat disayangkan, mobil pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau titik api yang berada sekitar 300 meter dari pinggir jalan. Jalan setapak hanya bisa dilalui kendaraan jenis sepeda motor.

Kepala Dinas Pemadam kebakaran Benteng, Bambang Irawan, S.Sos, MM saat dikonfirmasi terkait kendala ini mengakui bahwa pihaknya memang kesulitan untuk masuk ke areal lokasi kebakaran. Saat ini pihaknya masih mengupayakan penambahan selang agar bisa menyemprotkan air hingga ke lokasi kebakaran.

“Untuk sementara, mobil masih standby di sekitar lokasi, namun belum bisa masuk ke sekitar api,” katanya. Diakui juga, pihaknya sudah  meminta bantuan ke beberapa instansi terkait untuk mencari selang yang bisa  menjangkau lokasi kebakaran. (vla)

Berita Lainnya

Dinas Pemadam Kebakaran Sidak Alat Pemadam Api Ringan

BENTENG – Alat Pemadam Api Ringan harus disiapkan oleh seluruh perusahaan yang berada di Kabupaten ...

error: Content is protected !!