Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Perbaikan Jalan Tunggu Anggaran Pusat

Perbaikan Jalan Tunggu Anggaran Pusat

AMBLAS: Jalan Kelindang-Susup yang amblas akibat bencana alam akan diperbaiki melalui anggaran dari pemerintah pusat. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Jalan lintas Kelindang (Kecamatan Merigi Kelindang)- Susup (Kecamatan merigi Sakti) yang amblas karena bencana alam beberapa waktu lalu, sampai saat ini belum mendapatkan perbaikan.

Karena jalan tersebut, menjadi tanggung jawab Pemerintah Provisi Bengkulu dan masuk dalam perbaikan akibat bencana alam melalui anggaran dari pemerintah pusat. Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Benteng, Samsul Bahri, S.Pd, MM menjelaskan bahwa hal tersebut sudah masuk dalam laporan ke pemerintah pusat termasuk dengan kerusakan lainnya yang meliputi sarana infrastruktur, sarana pendidikan, pertanian.

“Semua disampaikan dalam satu laporan lengkap dengan rinciannya,” jelas Samsul.

Disampaikan Samsul, perbaikan sarana umum seperti jalan yang membutuhkan anggaran cukup besar, memang sangat diharapkan dari pemerintah pusat. karena, jika menggunakan anggaran dari APBD, hal tersbeut tidak akan cukup. Jikapun dipaksakan, maka biosa berpengaruh pada tertundanya atau tidak terlaksananya kegiatan dibidang lain.

Untuk itu, pemerintah daerah telah mengupayakan untuk mendapatkan anggaran pusat, karena bencana alam beberapa waktu lalu masuk dalam kejadian nasional, dimana juga terdapat pada daerah lain di Provinsi Bengkulu, dan Kabupaten Benteng merupakan daerah terparah hingga menimbulkan banyak korban jiwa yang mencapai 29 orang.

“Semoga bisa cepat terealisasi perbaikannya tahun depan,” demikian Samsul.

Sementara itu, Dinas PUPR Kabupaten Benteng, telah merencanakan untuk pelebaran jalan dari pusat perkantoran Renah Semanek – Plajau tahun 2020 nanti. Jalan tersebut akan dimaksimalkan untuk menjadi jalur yang aman serta nyaman, bukan hanya untuk masyarakat namun juga untuk pegawai yang bertugas di komplek perkantoran Renah Semanek.

Karena, Dinas PUPR menilai sudah spatutnya jalan tersebut lebih baik dari saat ini, karena menjadi akses bukan hanya warga di beberapa Desa seperti Plajau, Renah Lebar, Renah Semanek, Padang Tambak hingga langsung ke Karang Tinggi.

Jalan tersebut juga menghubungkan beberapaa Kecamatan secara langsung yakni Kecamatan Karang Tinggi, Pondok Kubang dan Pagar Jati hingga ke Bang Haji serta Pematang Tiga yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Benteng, Febrian Fatahillah, MT menjelaskan jalan akan dilebarkan hingga mencapai 6 meter. “Saat ini jalan paling lebar hanya 5 meter,” terangnya.

Dijelaskannya, jika lebar jalan sepanjang sekitar 4 Km tersebut sudah mencapai 6 meter, maka hal tersebut sesuai dengan standar jalan Kabupaten. Karena, dua kendaraan sekaligus bisa lewat meskipun berpapasan. Disampaikannya, usulan tersebut sudah dimasukkan dalam rencana pembangunan untuk tahun 2020.

Karena, tahun depan program Bupati/Wakil Bupati Benteng masih menitikberatkan pada perbaikan dan peningkatan sarana infrastruktur seperti jalan. Karena, hal tersbeut menjadi modal dasar untuk perbaikan bidang lainnya seperti ekonomi masyarakat.

“Jalan berdampak langsung dan memang sangat dibutuhkan untuk memperlancar semua kegiatan, termasuk dalam bidang pekerjaan,” demikian Febrian. (vla)

Berita Lainnya

Linmas Kembali ke Desa

BENTENG – Tahun 2020, petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) akan dikembalikan ke pemerintah desa, sesuai tugasnya ...

error: Content is protected !!