Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Breaking News / 3 Pebasket Muda Bengkulu ke IBL

3 Pebasket Muda Bengkulu ke IBL

BENGKULU – Bengkulu banyak memiliki talenta atlet bola basket hebat. Ini memang  tidak bisa dipungkiri, bola basket Bengkulu pada era 90-an sempat bertengger di Liga Basket nasional.   Nah, kejayaan itu sepertinya bisa kembali muncul. Karena ada beberapa pemain basket Bengkulu bermain di klub-klub elit IBL di tanah air. Sebut saja Satriamuda Jakarta, dan Amartha Hangtuah Jakarta.

Tapi untuk bisa kembali berlaga di liga bola basket profesional di tanah air  itu, klub—klub bola basket di Bengkulu tentunya harus memiliki finansial yang mumpuni. Atau bisa juga klub yang ada di daerah ini didukung finansial dari perusahaan besar swasta nasional atau pemerintah daerah.  Saat ini ada tiga pebasket Bengkulu tampil di Indonesia Basketball League (IBL). Tiga pebasket putra asli Bengkulu itu, yakni M. Lakha Kurniawan (22) bergabung dengan klub  Amartha Hangtuah Jakarta. Firman Yohanes (23) juga bermain di klub Amartha Hangtuah Jakarta. Kemudian satu lagi M Aris R (22) gabung di klub elit Satriamuda Jakarta.

Ketua Pengprov Perbasi Bengkulu Emil Reza  mengaku bangga adanya tiga pebasket Bengkulu yang bermain dengan klub besar di IBL. ‘’Alhamdulillah ada 3 putra asli  Bengkulu terpilih menjadi pemain basket profesional IBL dalam IBL draf rookie combine 2019,’’ jelas Emir dengan nada bangga.

Terlepas tanpa pengalaman ikut  kompetisi, lanjut Emil, terutama Firman dan Aris yang berasal dari klub lokal Patriot  Bengkulu, adalah kebanggaan. Kalau M Lakha Kurniawan sebelum main di IBL sudah merupakan pemain Hangtuah junior. Sejak duduk di SMA sampai kuliah main di klub Hangtuah.

Jadi dengan kata lain, ujar Emil, komunitas basket di Bengkulu dianggap mampu mencetak pemain dengan standar yang sama dengan provinsi lain. Dengan segala kekurangan yang dimiliki, belum lagi kurangnya kepedulian pemerintah maupun KONI dalam hal kompetisi, tapi bisa berasaing dalam menelorkan pemain basket yang bertalenta. ‘’Dalam beberapa tahun terakhir, Pengprov Perbasi Bengklu dengan segenap pelaku basket Bengkulu bergerak sendiri untuk melaksanakan kegiatan bola basket maupun pembinaan. Alhamdulillah masih bisa cetak pemain basket hebat,’’ demikian Emil.(**)

Berita Lainnya

Hasil Sidak Dewan Provinsi, Uji Sampel Air Bahang PLTU Bengkulu Masih Standar Mutu

BENGKULU– Adanya dugaan air bahang PLTU Bengkulu 2×100 MW sebagai penyebab ditemukannya penyu mati dan ...

error: Content is protected !!