Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Dua Desa Belum Terima Dana Desa 2019

Dua Desa Belum Terima Dana Desa 2019

BENTENG – Dua Desa yakni Desa Dusun Baru II dan Desa Temiang hingga saat ini belum menerima Dana Desa (DD) untuk tahun 2019. Hal ini akan menyebabkan proses pembangunan di tingkat desa menjadi terhambat.

“Dari 142 desa di Bengkulu Tengah, dua desa tersebut belum sekalipun menerima DD tahun ini,” jelas Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Tengah, Tomi Marisi, M.Si.

Disampaikannya, persoalan di tingkat desa yang menyebabkan pencairan DD tahap I terhambat. Hal tersebut belum juga diselesaikan dan diperbaiki. Tomi berharap, kedua desa tersebut melalui pemerintahan saat ini bisa menyelesaikan apa yang menjadi syarat dari pencairan DD.

Untuk Desa Temiang yang menjadi kendala masih belum adanya laporan pertanggungjawaban penggunaan DD tahun lalu. Sementara untuk Desa Dusun Baru II  karena kades non aktif berinisial Su saat ini menjadi tahanan karena dugaan penyalahgunaan DD tahun 2017 lalu dengan kerugian negara mencapai Rp 131 juta.

Tomi menjelaskan saat ini tengah dilakukan proses pencairan DD tahap II dengan nilai porsi anggaran sebesar 40 persen. Untuk itu, kepada semua desa tanpa terkecuali, Tomi mengingatkan agar laporan realisasi dan pertanggungjawaban bisa dibuat dengan benar. Jika menemui kendala dalam hal pembuatan pelaporan bisa meminta bantuan terutama kepada tim pendamping desa yang bertugas membantu untuk penggunaan dan pengelolaan DD agar tepat sasaran.(vla)

Berita Lainnya

Wakapolres Calon Ketua Tim Saber Pungli

BENTENG – Tim Saber Pungli Kabupaten Bengkulu Tengah saat ini sudah mulai mempersiapkan pengurus baru ...

error: Content is protected !!