Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Nilai Ambang Batas Calon Pegawai Negeri Sipil Turun

Nilai Ambang Batas Calon Pegawai Negeri Sipil Turun

Adib Ropik

PELABAI – Peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini sedikit diuntungkan. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) menetapkan passing grade atau nilai ambang batas lebih rendah dibanding seleksi CPNS tahun 2018. Khususnya untuk Seleksi Kompetisi Dasar (SKD).

Sesuai Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS tahun 2019 secara kumulatif ditetapkan 271. Meliputi nilai Tes Karateristik Pribadi (TKP) minimal 126, nilai Tes Intelegensia Umum (TIU) minimal 80 serta nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) minimal 65. Kendati nilai kumulatif lebih tinggi, jika salah satunya tidak memenuhi syarat minimal, tetap tidak lulus.

‘’Kalau dalam seleksi CPNS tahun 2018, nilai kumulatif tes SKD sesuai Permen PAN-RB Nomor 37 Tahun 2018 ditetapkan 298. Meliputi TKP 143, TIU 80 dan TWK 75,’’ ujar Kabid Pengadaan Pegawai, Mutasi dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lebong, Adib Ropik, S.Sos, M.Si.

Tidak dipungkirinya, nilai ambang batas diturunkan karena berkaca dari pengalaman seleksi CPNS 2018 banyak peserta yang gagal dalam tes SKD. Rata-rata peserta tidak mencapai nilai ambang batas yang ditetapkan dan itu terjadi hampir di seluruh daerah yang membuka seleksi CPNS. Contohnya Kabupaten Lebong yang dalam seleksi CPNS tahun 2018 hanya 11 peserta yang lulus nilai ambang batas dari 2.992 peserta.

‘’Mudah-mudahan dengan turunnya nilai ambang batas membuka peluang yang lebih besar kepada peserta untuk bisa lulus dalam seleksi, khususnya SKD. Soalnya seleksi tidak hanya SKD. Peserta yang lulus SKD wajib mengikuti tes selanjutnya, yakni SKB (Seleksi Kompetisi Bidang, red),’’ ungkap Ropik.

Khusus peserta penyandang disabilitas (cacat fisik), diketahui nilai kumulatif untuk SKD ditetapkan lebih rendah dari peserta umum. Nilai ambang batas SKD kumulatif rendah hanya 260. Namun khusus TIU tidak boleh di bawah 70.(sca)

Berita Lainnya

Mustarani: Data Ulang Jumlah Pengguna Kendaraan Dinas

PELABAI – Usulan pengadaan kendaraan dinas (randis) yang disampaikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Anggaran ...