Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Polres Dalami Dugaan Aksi Penipuan CPNS

Polres Dalami Dugaan Aksi Penipuan CPNS

KOTA MANNA – Penyidik Satreskrim Polres Bengkulu Selatan terus melakukan penyelidikan terkait aksi laporan dugaan penipuan CPNS sebesar Rp 700 juta.

Aksi dugaan penipuan ini diduga dilakukan oleh seorang wanita inisial NI (55) warga Kecamatan Pasar Manna. NI dilaporkan Erna Ningsih, warga Kelurahan Tanjung Mulia. Pasalnya ketiga anaknya tidak lolos dalam seleksi CPNS yang sebelumnya dijanjikan terlapor, meski telah serahkan uang tunai Rp 700 juta.

Meskipun kasus ini telah berlangsung lama, tetapi proses penyeledikan terhadap dugaan penipuan CPNS tahun 2018 tersebut didalami Satreskrim Polres Bengkulu Selatan. Hal ini  diungkapkan Kasat Reskrim Polres Bengkulu Selatan, AKP. Rahmat Hadi Fitrianto, SH, S.IK melalui Kanit Pidum Ipda Priyanto, SH.

Bukti kasus tersebut terus berlanjut, yang terbaru yakni penyidik melakukan panggilan kepada NI, yang juga mantan ASN itu. Dalam janji tersebut NI bisa bisa bantu loloskan ketiga anaknya jadi ASN Kementerian. Namun dengan syarat, harus serahkan uang sebesar Rp 700 juta.

‘’Modus NI melakukan aksi dugaan  penipuan ini, NI mengaku miliki jaringan yang  kuat di pemerintah pusat. Tapi setelah beberapa bulan pasca menyerahkan uang tunai, ketiga anak Erna tidak kunjung mendapat kepastian lolos menjadi ASN. Merasa tertipu akhirnya Erna layangkan laporan terhadap NI pada ke Mapolres Bengkulu Selatan,’’ jelas Kanit Pidum.

Kalau nantinya terlapor terbukti melakukan penipuan, maka penyidik langsung melakukan penetapan tersangka kepada NI. ‘’Ya, sudah berberapa kali NI diperiksa terkait dugaan penipuan CPNS ini,” imbuh Kanit Pidum.

Lanjut Kanit Pidum tak menutup kemungkinan ada keterlibatan pihak lain. Karena hingga kini penyidik terus bekerja guna mendalami keterlibatan pihak lain. ‘’Pastinya  kalau ada keterlibatan pihak lain, akan diadakan pemanggilan pada yang bersangkutan,” jelas Kanit Pidum.(tek)

Berita Lainnya

Diduga Mesum, Oknum Pjs Kades di Bengkulu Selatan Digerebek Warga

PINO RAYA– Oknum Pejabat Sementara (Pjs) Kades Talang Padang Kecamatan Pino Raya, Sy, digerebek warga ...

error: Content is protected !!