Senin , 16 Desember 2019
Home / Berita utama / Aktivitas Bongkar Muat di Pelindo Capai 2,3 Juta Ton

Aktivitas Bongkar Muat di Pelindo Capai 2,3 Juta Ton

Hendri Adolf

BENGKULU – Aktifitas bongkar muat oleh PT. Pelindo Cabang Bengkulu terus mengalami peningkatan. Hingga Oktober 2019 tercatat sudah mencapai 2,3 juta ton. Hal ini seperti disampaikan, Deputi GM Komersial Pelindo II Cabang Bengkulu, Hendri Adolf ditemui di kantornya, Jumat (15/11) siang.

Perusahaan BUMN tersebut menargetkan, jumlah bongkar muat curah kering tersebut mencapai 2,7 juta ton, mereka optimis bisa mencapai target tersebut sampai dengan Desember 2019 ini.

“Untuk bongkar muat sudah mencapai 2,3 juta ton, diluar peti kemas dan kargo lain seperti CPO karena kapasitas masih memakai tangki. Namun untuk bongkar muat curah kering seperti batu bara, klinker dan cangkang sawit banyak sekali. Lebih dominan ekspor yang paling banyak batu bara,” sampai Hendri.

Selain itu, sambung Hendri, bulan Oktober lalu banyak kapal besar yang masuk di dermaga. Lantaran kapal kapasitas besar dari 40 ribu sampai 50 ribu ton karena itulah diperlukan adanya pengerukan alur yang kondisi saat ini  mencapai 9,5 MLWS. Idealnya, untuk normal alur seharusnya mencapai minus 13 MLWS sehingga operasi kapal besar dapat menampung bongkar muat yang dibutuhkan.

Menurutnya, di dermaga pendangkalan alur cepat sekali terjadi. Oleh sebab itu ia memprediksi jika enam bulan ke depan kembali terjadi pedangkalan. Maka pihaknya harus berupaya berkerja keras kembali untuk melakukan pengerukan alur dangkal tersebut.

“Memang ada banyak faktor yang menyebabkan cepatnya terjadi pendangkalan alur ini, salah satunya karena laut Bengkulu berhadapan langsung dengan samudera hindia,” demikian Hendri. (zie)

 

Berita Lainnya

Direktorat Narkoba Polda Bengkulu Berhasil Ungkap 22 Kasus dan Penjarakan 35 Tersangka

BENGKULU– Sepanjang tahun 2019, Direktorat Narkoba Polda Bengkulu dan Polres jajaran berhasil memenjarakan 35 tersangka ...

error: Content is protected !!