Minggu , 15 Desember 2019
Home / Metropolis / Hisablah Dirimu

Hisablah Dirimu

Abdurahman Al-Kaf

BENGKULU – Dalam hitungan jam, hari, minggu,  bulan dan tahun, kita harus lebih baik dari tahun-tahun yang telah kita lewati. Semoga Allah menjadikan kita tahun ini menjadi tahun yang berkah dan kebahagaiaan bagi kita, maka wajib bagi kita untuk menghisab diri kita. Sebagaimana Khalifah Umar ra berkata :

“Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab, timbanglah diri kalian sebelum (amal) kalian ditimbang, karena lebih ringan bagi kalian tatkala kalian dihisab kelak, jika kalian menghisab diri kalian sekarang”.

Seorang mukmin mengetahui bahwasanya kehidupan dunia ini diciptakan untuk diisi dengan ketaatan kepada Allah, mentauhidkanNya, dan untuk mewujudkan peribadatan kepadanya. Allah berfirman :“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.”(QS. Adz-Dzariyaat: 56).

Dari Ibnu Umar ra,  ia berkata : ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang pundakku lalu berkata: “Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing atau musafir yang numpang lewat. Jika telah sore maka janganlah engkau menunggu pagi, dan jika telah pagi maka janganlah engkau menunggu sore, manfaatkanlah masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, dan manfaatkan kehidupanmu sebelum tiba kematianmu,” (HR. Al-Bukhari).

Maka wajib bagi kita dengan bertambahnya umur bertambah pula ketaatan dan perbuatan kebajikan, hendaknya kita mengisi tahun-tahun yang kita lewati untuk terus-menerus mendekatkan diri kepada Allah sedekat-dekatnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :“Sebaik-baik kalian adalah yang panjang umurnya dan baik amalannya”(HR. Ahmad dan At-Tirmidzi).(iks)

Berita Lainnya

Pembangunan RTH di Simpang Kandis Sudah 95 Persen Rampung

BENGKULU– Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun di Simpang Kandis segera rampung. Ini disampaikan Plt. ...

error: Content is protected !!