Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Jumlah Keluarga Penerima Manfaat Terus Menurun

Jumlah Keluarga Penerima Manfaat Terus Menurun

Zulfan Effendi

CURUP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) melalui Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, terus memaksimalkan verifikasi dan validasi (Verval) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk berbagai bantuan soal. Baik itu untuk jumlah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Dari hasil sementara atau data terakhir Oktober 2019 untuk dua program tersebut, jumlah Keluarga Penerima Manfaat terus mengalamu penurunan. Ini mendakan secara tikda langsung jumlah orang miskin atau keluarga miskin semakin berkurang. Seperti yang disampaikan Kepala Dinsos Kabuten Rejang Lebong Zulfan Effendi, SE, MM kepada RB.

‘’Tercatat sejak beberapa tahun belakangan termasuk dari hasil verval yang kita lakukan, jumlah KPM terus menurun. Ini artinya ada penurunan jumlah orang miskin. Karena faktor berkurangnya KPM salah satunya karena sudah tidak layak sebagai penerima atau secara tidak langsung KPM tersebut ekonominya sudah meningkat,’’ kata Zulfan.

Dijelaskan Zulfan, dari data yang mereka miliki dan hasil verval yang dilakukan sampai saat ini, tahun 2015 lalu jumlah KPM penerima program BPNT mencapai 21.465 KPM. Sedangkan data yang ada saat ini mencapai 17.889 KPM. Namun yang saat ini terdata sebagai penerima aktif dari program BPNT tersebut setiap bulannya hanya diangka 16.800 KK sebagai KPM.

Ditambahkan Zulfan, begitu juga dengan KPM penerima PKH yang selama ini jumlahlan mencapai 14.457 KPM di tahun 2018, tahun 2019 hanya tersisa 12.948 KPM. ‘’Dan jumlah ini bisa saja kembali turun seiring dengan verval yang masih kita lakukan dengan target tuntas ditahun 2019 ini. Salah satu faktor berkurangnya tadi, yaitu karena banyak KPM yang sudah mengalami peningkatan ekonomi,’’ imbuh Zulfan.(dtk)

Berita Lainnya

Pengenalan Program ITF, Wakil Bupati Iqbal Minta Guru Manfaatkan Peluang

CURUP – Wakil Bupati (Wabup) Rejang Lebong (RL) H. Iqbal Bastari, S.Pd, MM meminta para ...