Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Metropolis / Kenalkan Skim Pembiayaan Perbankan

Kenalkan Skim Pembiayaan Perbankan

WORKSHOP: 30 peserta iktu workshop yang digelar Bank Indonesia, (foto: ist/rb).

BENGKULU – Workshop UMKM gelaran Bank Indonesia untuk  memperkenalkan aplikasi SI APIK bakal memasuki hari kedua, Jumat (15/11) di Hotel Sinar Sport. Pada hari pertama yang berlangsung sampai pukul 21.00 WIB tadi malam, 30 peserta kalangan UMKM di Kota Bengkulu tetap setia mengikuti workshop hingga selesai.

Kepala Tim Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Ri’fat Pasha mengatakan pada hari kedua workshop, peserta akan menerima materi tentang bagaimana mereka pelaku UMKM ini bisa berhubungan kepada kalangan perbankan.

“Mereka akan mengetahui seperti SKIM atau Model pembiayaan atau akses untuk  membantu permodalan mereka,” jelasnya.

Bebagai pembicara akan dihadirkan antara lain dari kalangan Perbankan baik dari BRI, maupun dari Bank Mandiri syariah dan Bank Bengkulu. Selain itu Biro Ekonomi Setdda provinsi Bengkulu dan Otoritas Jasa Keuangan juga akan menjadi narasumber.

Workshop Bank Indonesia berlangsung selama 2 hari ini, mengupas tema Tema yang dikupas memperkenalkan Aplikasi Akuntansi untuk Usaha Mikro Kecil berbasis android yang diberi nama SIAPIK.  Menurut Rifat Pasha Kepala Bank Indonesia telah mengupayakan sebuah Aplikasi Akuntansi untuk Usaha Mikro Kecil berbasis Android.  Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan telah memenuhi standar akuntansi Entitas Mikro Kecil Menengah (EMKM) yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia.

Salah seorang peserta Fitri Agustina dari Oase Galery  mengaku sangat bersyukur bisa terplih menjadi salah satu peserta. Usahanya menjadi binaan Bank Indonesia. Bagi dia, dari apilikasi yang dikembangkan Bank Indonesia ini, sangat bermanfat bagi pelaku usaha kecil menengah agar mereka bisa lebih tertib, dan jelas dalam melakukan pencatatan pembukuan. Sehingga memudahkan pihak perbankan untuk mengetahui keadaaan perkembangan usahanya, agar mudah menerima bantuan akses modal.

“Itu salah satu manfaat setelah kita kenal dengan aplikasi ini,” tukasnya. (iks)

Berita Lainnya

Bersih Pantai TNI dan Pemda, Peringati Hari Juang Kartika

BENGKULU– Memperingati HUT TNI Angkatan Darat ke -74 tahun 2019, Komando Distrik Militer (KODIM) 047 ...

error: Content is protected !!