Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Masa Sanggah Hasil Pilkades, Seminggu

Masa Sanggah Hasil Pilkades, Seminggu

PILKADES: Suasana Pilkades di Desa Taba Lagan Kecamatan Semidang Lagan berlangsung aman dan kembali dimenangkan oleh calon petahana, Oto Komri,(foto: fintah/rb).

BENTENG – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 46 desa se Kabupaten Bengkulu Tengah berjalan sukses. Kabag pemerintahan Setdakab Bengkulu Tengah, Drs. Jaka Santoso mengatakan mereka melakukan pemantauan pelaksanaan pilkades tersebut langsung di lapangan. Untuk hasil Pilkades, mereka menunggu hingga satu minggu kedepan. Selama satu minggu, hasil pilkades diminta dilaporkan secara tertulis dan lengkap dengan dokumen pelaksanaan pilkades. Meskipun saat ini sudah diketahui beberapa nama yang menang dalam Pilkades itu. Tetapi tetap harus mengikuti aturan terkait Pilkades.

Sebab bagi calon yang belum menerima hasil Pilkades, masih diberikan kesempatan untuk memasukkan sanggahan ke panitia desa maupun panitia kabupaten. Namun, sanggahan tersebut harus dilengkapi bukti yang jelas.

“Kami tim dari Kabupaten dibagi untuk memantau langsung Pilkades di TPS,” terangnya.

Dari pantauan di lapangan, Jaka Optimis semua hasil pilkades bisa diterima semua pihak. Terutama oleh peserta atau calon Pilkades. Karena, sistem pemilihan yang demokrasi disaksikan banyak pihak dan juga dipantau oleh instansi vertikal baik dari Kepolisian dan TNI.

Sementara itu, salah seorang peserta Pilkades yakni Oto Komri dari Desa Taba Lagan Kecamatan Semidang Lagan mengungkapkan bahwa hasil yang dicapai merupakan kemenangan bagi seluruh masyarakat Desa Taba Lagan. Dirinya yang kembali dipercaya untuk kedua kalinya menjabat Kepala Desa (Kades) untuk 6 tahun kedepan, menyampaikan terima kasih kepada warga Desa yang telah membantu dan aktif sebagai pemilih di Desa Taba Lagan.

Tentunya, dengan hasil yang dicapai, Oto Komri mengaku siapa untuk menjalankan pemerintahan desa yang diamanahkan kepadanya. Dirinya juga siap merangkul rekan sesama peserta Pilkades lain untuk sama-sama membangun Desa Taba Lagan.

“Pemilihan telah usai, saatnya bekerja dan bersama membangun Desa Taba Lagan,” demikian Oto Komri.

Hingga berita ini diturunkan, dari 46 Desa yang melaksanakan Pilkades, sudah masuk sebanyak 18 desa yang dilaporkan nama pemenangnya ke Bagian Pemerintahan Setdakab Bengkulu Tengah. Sementara untuk Desa lainnya, ada yang masih dalam proses penghitungan seperti di Desa Pekik Nyaring dengan jumlah mata pilih lebih dari seribu orang kemungkinan baru selesai malam hari. Namun, diperkirakan semua nama pemenang Pilkades akan diketahui hari ini meskipun belum secara resmi dilaporkan oleh panitia Pilkades di tingkat Desa kepada Pantiia Kabupaten di Bagian pemerintahan Setdakab Bengkulu Tengah.(vla)

Berita Lainnya

Linmas Kembali ke Desa

BENTENG – Tahun 2020, petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) akan dikembalikan ke pemerintah desa, sesuai tugasnya ...

error: Content is protected !!