Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Rancangan Pendapatan dan Belanja Daerah 2020 Nihil Randis dan Pakdin

Rancangan Pendapatan dan Belanja Daerah 2020 Nihil Randis dan Pakdin

PELABAI – Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si memastikan tidak ada pengadaan kendaraan dinas (randis) dalam pos Rancangan Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2020. Bahkan tidak ada satupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengusulkan pengadaan randis karena sejak jauh hari seluruh OPD memang sudah diingatkan oleh TAPD.

‘’Kepada OPD yang masih kekurangan kendaraan kami harap bersabar, kondisi APBD 2020 belum memungkinkan,’’ kata Mustarani.     Sekalipun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong baru saja melakukan penghapusan aset bergerak berupa kendaraan dinas secara besar-besaran Agustus lalu, tetap bersikap tegas tidak akan membeli randis.

Kebijakan TAPD meniadakan pembelian randis menimbang kebutuhan pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) Lebong 2020 yang menembus angka Rp 20 miliar hanya untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) saja. ‘’Kami memang fokuskan usulan RAPBD tahun 2020 untuk mengakomodir kebutuhan Pilbup,’’ terang Mustarani.

Tidak hanya pengadaan kendis, TAPD juga tidak akan mengakomodir kebutuhan pengadaan Pakaian Dinas (Pakdin). Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memang diarahkan memprioritaskan program pembangunan yang mendukung 16 program unggulan Pemkab Lebong sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. ‘’Atas kebijakan ini, setiap OPD dituntut bisa memaksimalkan penggunaan kendaraan dinas serta merawat dengan baik pakaian dinas yang dimiliki saat ini,’’ ungkap Mustarani.

Lebih lanjut disampaikannya, jumlah kendaraan dinas di lingkungan Pemkab Lebong dinilai masih cukup. Termasuk kondisinya, secara umum masih layak digunakan untuk menunjang kebutuhan operasional OPD dalam menjalankan tugas. Kalaupun ada OPD yang masih kekurangan kendaraan dinas, dimintanya koordinasi ke Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) guna memastikan penyebaran kendaraan dinas sudah merata. ‘’Artinya perlu didata lagi, untuk OPD yang kelebihan kendaraan dinas bisa dialihkan ke OPD yang masih kekurangan,’’ tutur Mustarani.(sca)

Berita Lainnya

Penerima 12 Ribu, Stiker Baru Seribu

PELABAI – Dari 12.351 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Sosial (Bansos) di Kabupaten Lebong ...

error: Content is protected !!