Senin , 16 Desember 2019
Home / Berita utama / Tidak Berpotensi Tsunami, Bengkulu Digoyang Gempa 5,2 SR

Tidak Berpotensi Tsunami, Bengkulu Digoyang Gempa 5,2 SR

Sumber BMKG

BENGKULU– Gempa dengan kekuatan cukup besar kembali terjadi di Bengkulu, Jumat (15/11) sekitar pukul pukul 14.06 WIB. Gempa kali ini berkekuatan magnitudo 5,2 skala richter (SR). Kepala Stasiun Geofisika Kepahiang, Litman menjelaskan gempa tektonik terjadi wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.54 LS dan 101.74 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 101 km arah Barat Daya Kota Bengkulu, Bengkulu pada kedalaman 78 km. “Gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” kata Litman.

Sambung Kitman, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” sambungnya.

Lebih lanjut dikatalan, dampak gempa bumi dirasakan di Kota Bengkulu II-III MMI yang lebih banyak dirasakan oleh orang yang sedang berada di dalam rumah atau ruangan. Kendati demikian, sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan sebagai dampak dari gempa tersebut.

BMKG mengimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain iyu, agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” demikian Litman. (zie)

Berita Lainnya

Lusa Tim Assesor Rilis Nilai Hasil Tes Calon Sekda ke Pansel

BENGKULU– Hasil penilaian tes pertama untuk calon sekda yang berlangsung selama dua hari, Senin (16/12) ...

error: Content is protected !!