Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Seluma / 207 Warga Digigit Hewan Rabies

207 Warga Digigit Hewan Rabies

rudi sawaludin

SELUMA – Setidaknya ada 207 warga di Kabupaten Seluma kena gigitan hewan penyebab rabies (HPR) seperti anjing, kucing dan monyet. Seluruh korban dapat ditangani oleh Dinas Kesehatan Seluma dan jajarannya dengan melakukan pemberian Vaksin Anti Rabies (VAR). Sehingga tak sampai jatuh korban jiwa.

Disampaikan Kadis Kesehatan Seluma, Rudi Sawaludin, S.Sos melalui Kasi Pencegahan Penyakit, Ahmad Fahrozan, S.KM, jumlah gigitan HPR sebanyak 207 orang atau kasus tersebut kejadian selama Januari hingga November 2019. ‘’Data ini hingga hari ini Jum’at (15/11).Semua korban gigitan cepat meminta pengobatan dan diberikan VAR. Tak sampai jatuh korban jiwa atau tidak ada yang sampai tertular rabies,’’ terang Ahmad Fahrozan.

Untuk stok VAR kata Fahrozan, aman dan mencukupi. Jika habis maka akan diminta penambahan ke Dinkes Provinsi Bengkulu. Sehingga dipastikan tidak akan kekurangan untuk VAR ini. ‘’Seandainya habis kita akan langsung minta. Di Dinkes Provinsi Bengkulu stok cukup hingga akhir tahun ini,’’ sampainya.

Vaksin tersebut kata Fahrozan diberikan secara cuma-cuma kepada warga yang terkena gigitan HPR. ‘’Diberikan gratis. VAR ini tidak dijual secara umum,’’ imbuhnya.

Untuk wilayah paling banyak korban gigitan HPR meliputi tiga kecamatan yakni Kecamatan Talo, Ilir Talo dan Kecamatan Semidang Alas (SA). ‘’ Di tiga kecamatan ini paling banyak ditemukan hewan penyebab rabies. Jadi paling tinggi untuk kasus manusia terkena gigitan HPR,’’ sampainya.(aba)

Berita Lainnya

Dukungan Calon Independen Tersebar Di Delapan Kecamatan

SELUMA –  Bagi kadidat calon bupati (cabup) Seluma yang akan maju dari jalur perseorangan atau ...