Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Cek Pelaksanaan Fisik Dana Desa

Cek Pelaksanaan Fisik Dana Desa

Budi Sampurno

ARGA MAKMUR – Jelang satu bulan lagi tutup anggaran, kini pelaksanaan pembangunan di desa yang menggunakan anggaran Dana Desa mulai dikebut. Pemkab Bengkulu Utara mengejar target serapan anggaran Dana Desa minimal 98 persen yang menjadi indikator pembangunan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ir. Budi Sampurno menuturkan jika saat ini dinasnya berkoordinasi dengan masing-masing kecamtan untuk turun meninjau pelaksanaan Dana Desa . Ini mengingat pelaksanaan Dana Desa hanya menyisakan satu bulan lagi.

“Jangan sampai ada yang tidak terlaksana. Kita ingin seluruh dana terserap,” kata Budi.

Bengkulu Utara selama tiga tahun belakangan ini mendapatkan pujian dari Kementerian Desa dan PDTT terkait serapan Dana Desa . Ia tidak ingin tahun ini serapan Dana Desa justru menurun yang aritinya tertundanya program pembangunan di desa. “Selain itu, pengawas juga kita perketat untuk mengawasi pembangunan agar memang sesuai dengan APBdes sehingga tidak menyisakan masalah dikemudian hari,” terang Budi.

Ia meminta sleuruh program dilaksanakan, meskipun untuk pelaksanaan Dana Desa bisa dilanjutkan tahun depan jika tak tuntas dalam satu tahun ini. Seluruh Dana Desa yang belum terserap hingga 25 Desember wajib dikembalikan ke Kas Sisa Lebih Penggunaan Anggaran untuk kembali dianggarkan tahun depan.

“Jadi pembangunan terus berlanjut jika tak tuntas satu tahun anggaran. Namun kita tidak ingin itu terjadi karena setiap tahun harus ada program yang berbeda,” terangnya.

Sementara Inspektur Inspektorat Suhartyo Handayani menuturkan jika awal tahun depan setelah pembangunan selesai Pemkab Inspektorat mulai melakukan audit. Tahun depan audit juga dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan. “Jadi audit untuk pelaksanaan tahun ini berlapis, mulai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa senditi, Inspektorat hingga nanti untuk pertama kali dilakukan audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan,” pungkas Suharto.(qia)

Berita Lainnya

Pesawat 9 Penumbang Kembali Menuju Enggano

ARGA MAKMUR – Meskipun hanya satu kapal motor yang bisa mengangkut penumpang dari Kota Bengkulu ...

error: Content is protected !!