Jumat , 13 Desember 2019
Home / Berita utama / Fitur Jumlah Pelamar Dihapus, Cek Info di Medsos BKN

Fitur Jumlah Pelamar Dihapus, Cek Info di Medsos BKN

Paryono

BENGKULU  – Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengapus fitur “jumlah pelamar” di portal sscn.bkn.go.id. Sebab, fitur tersebut terindikasi disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Mendaftarkan pelamar fiktif agar jumlah pendaftar seolah terlihat sudah banyak.

Banyaknya jumlah pelamar dikhawatirkan mengecoh calon pelamar. Sehingga, malah nantinya ada formasi yang tidak terpenuhi. “Oleh karena itu, fitur tersebut kami tiadakan demi menciptakan kompetisi adil. Agar masyarakat tidak terpengaruh dengan kuantitas pelamar yang telah mengisi formasi tertentu pada CPNS 2019,” ucap Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Paryono.

Akibat hilangnya fitur “jumlah pelamar”, BKN banyak menerima pertanyaan dan keluhan dari masyarakat mengenai tidak adanya fitur jumlah pelamar Jumat (15/11). Sebab, melalui fitur tersebut masyarakat bisa mengetahui data jumlah pelamar pada setiap formasi secara real time.

Meski begitu, Paryono menegaskan, tidak adanya fitur “jumlah pelamar”, tidak mengurangi aspek transparansi tes CPNS 2019. Dia menjamin aspek transparansi tetap terjaga. Dengan adanya seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan CAT (Computer Assisted Test) pada tahap selanjutnya juga menunjukkan pemerintah tetap berprinsip akuntabel. Data hasil tes dapat diketahui secara real time sesaat setelah seleksi. “Sehingga transparansi dan akuntabilitas tetap menjadi prinsip utama pelaksanaan seleksi CPNS 2019,” ujarnya.

Sebagai alternatif, kata Paryono, BKN memberikan update jumlah pelamar melalui beberapa akun sosial media resmi BKN. Yakni, twitter dan laman facebook @BKNgoid, serta instagram @BKNgoidofficial. “Di media sosial memuat informasi pelamar yang sudah membuat akun, sudah mengisi formulir, sudah submit, top 5 Instansi dan top 10 formasi paling banyak dipilih pelamar CPNS 2019 setiap harinya,” beber Paryono.

Hingga pukul 15.43 kemarin, sudah ada 2.141.757 pelamar yang membuat akun. Kemudian, 560.233 pelamar sudah mengisi formulir dan yang memasukkan data formulir pendaftaran sekitar 195.259 pelamar. (han)

Daftar CPNS Jangan Gunakan HP

Sementara itu, pendaftaran CPNS secara online masih berlangsung. Bagi yang berminat untuk mengikuti tes CPNS formasi 2019 masih memiliki waktu untuk mendaftar. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Diah Irianti mengingatkan agar pelamar tidak menggunakan handphone saat mendaftar. Penggunaan HP rawan kesalahan input data.

“Pendaftaran harus menggunakan komputer atau laptop, ingat jangan jangan gunakan handphone karena akan rawan kesalahan pada saat input data. Juga lakukan pendaftaran secara mandiri jangan menggunakan calo,” kata Diah.

Lanjutnya, pelamar harus teliti dalam memasukkan data, karena mereka bisa saja tidak lulus seleksi apabila data yang diinput tidak sesuai. Selanjutnya, apabila ada kendala, pelamar dapat membersihkan cache browser dan coba kembali mendaftar. Pelamar juga bisa menghubungi langsung kenomor 0857.5851.3727 (Call Only) pada hari Senin-Jumat pada jam kerja bila ada permasalahan atau ada yang ingin ditanyakan seputar persyaratan tes CPNS di lingkungan Pemprov Bengkulu.

“Kita tidak ada pengiriman berkas fisik, hanya melakukan verifikasi dari data yang diunggah pada saat mendaftar secara online karena itu pelamar harus hati-hati dan teliti saat menginput data,” imbuhnya.

Bagi yang belum memiliki ijazah asli, sambung Diah, tidak bisa mengikuti tes CPNS di lingkungan Pemprov Bengkulu. Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak bisa digunakan karena dikhawatirkan bila ternyata dinyatakan lulus CPNS, dan ternyata proses ijazah belum selesai. “SKL tidak bisa digunakan untuk mendaftar tes CPNS pemprov, mungkin untuk instansi lain memiliki kebijakan berbeda tapi untuk persyaratan tes CPNS pemprov harus ijazah asli,” tegas Diah.

Diah menambahkan BKD Provinsi Bengkuku juga rencananya akan berpartisipasi dalam kegiatan Bengkulu Expo dalam rangkaian Festival Pesisir Pantai Panjang, 16-19 November di Sport Center Pantai Panjang Bnegkulu, dengan membuka stand. Stand BKD ini nantinya akan melayani seputar informasi pendaftaran tes CPNS, termasuk akan menyediakan fasilitas untuk latihan simulasi SKD dan kisi-kisi soal CPNS.

“Insya Allah BKD akan buka stand di Bengkulu Exfo. Kalau mau bertanya-tanya langsung seputar informasi CPNS bisa datang ke stand BKD di Sport Centre Pantai Panjang,” demikian Diah. Sementara itu jumlah pendaftar CPNS di lingkungan Pemprov Bengkulu sampai dengan kemarin, sudah 75 yang mengisi formulir dan 16 orang sudah submit (mengisi formasi dan instansi). (key)

Berita Lainnya

Pendaftaran Sekdaprov Bisa Diperpanjang

BENGKULU – Pendaftaran seleksi terbuka sekdaprov hari ini ditutup. Bila hingga sore ini jumlah pelamar ...

error: Content is protected !!