Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Gaji 1.000 GBD Dipastikan Naik

Gaji 1.000 GBD Dipastikan Naik

NAIK GAJI: Bupati Bengkulu Utara, Mian Jmu’at (15/11) memberikan gaji Guru Bantu Daerah di di Kecamatan Putri Hijau. (foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Dinas Pendidikan Bengkulu Utara memastikan tahun 2020 akan ada kenaikan gaji Guru Bantu Daerah yang jumlahnya mencapai 1.000 orang. Kenaikan diperkirakan dari Rp 100 ribu – Rp 200 ribu perorang sesuai tingkatan gaji.

Saat ini ada tiga tingkatan gaji Guru Bantu Daerah sesuai masa kerja mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 1,2 juta. Kenaikan dilakukan setiap tahun yang anggarannya diambil dari APBD Bengkulu Utara. Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkulu Utara , Bambang Pramana Budi, M.Pd menuturkan jika dalam RAPBD 2020, pihaknya sudah mengusulkan kenaikan gaji Guru Bantu Daerah terhitung Januari tahun depan.

Kini dana tersebut tengah dibahas oleh di DPRD dalam item RAPBD yang mulai hearing Senin lusa. “Kita ajukan kenaikan, nanti tergantung hasil pembahasan dengan DPRD. Namun harapan kita tetap naik seperti tahun-tahun sebelumnya,” terangnya.

Namun dengan kenaikan gaji ini ia berharap 1.000 Guru Bantu Daerah untuk meningkatkan kinerja. Apalagi meskipun ada tambahan 30 CPNS yang kini direkrut, Bengkulu Utara masih kekurangan guru sehingga sangat mengandalkan kinerja Guru Bantu Daerah.

“Guru Bantu Daerah selama ini digunakan untuk menutupi kekurangan guru. Terutama di sekolah-sekolah terpencil yang masih banyak kekurangan guru, makanya kami sangat berterimkasih dengan kinerja selama ini,” terangnya.

Sekadar mengetahui Bengkulu Utara sudah lebih dari 10 tahun belakangan ini memiliki Guru Bantu Daerah untuk menutupi kekurangan guru. Guru Bantu Daerah ditempatkan hampir di sleuruh sekolah terutama luar Kecamatan Kota Arga Makmur dan gajinya dibayarkan tiga bulan sekali. (qia)

Berita Lainnya

Jembatan TAP Ditutup, Jalur Kendaraan Dialihkan ke Lais- Lubuk Durian

TAP – Semenjak Sabtu (7/12) pukul 12.00 WIB , jembatan Tanjung Agung Palik (TAP) ditutup ...

error: Content is protected !!