Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Peluang Rekrut Dokter Non PNS Mandiri

Peluang Rekrut Dokter Non PNS Mandiri

Haryadi

ARGA MAKMUR – Kekurangan dokter di Bengkulu Utara dipastikan tidak akan terpenuhi oleh tes CPNS tahun ini. Dari 5 dokter spesialis dan tiga dokter umum yang diajukan Pemkab Bengkulu Utara ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara hanya satu dokter umum yang setuju untuk direkrut tahun ini.

Namun keberadaan dokter di Bengkulu Utara sempat dipersoalkan oleh DPRD Bengkulu Utara terutama Ketua Fraksi PDI Perjuangan Beni Bumansyah. Pasalnya disamping kekurangan dokter, dokter yang ada di Bengkulu Utara justru banyak membuka praktik di luar Bengkulu Utara sehingga mengurangi pelayanan masyarakat.

“Sedangkan dokter itu harapan kami bisa siaga 24 jam. Namun dengan jadwal praktik di luar Bengkulu Utara, maka mengurangi keberadaannya di Bengkulu Utara,” terangnya.

Sekda Bengkulu Utara Dr. Haryadi, MM, M.Si menuturkan jika praktik yang dibuat dokter atas izin Pemkab Bengkulu Utara terutama yang berstatus PNS. Hal ini juga diizinkan asalkan mereka bertugas diluar waktu dinas layaknya PNS umum atau yang ditetapkan oleh Institusi masing-masing.

“Jadi tidak ada masalah, memang secara keseluruhan Bengkulu Utara masih kekurangan dokter, terutama spesialis,” kata Sekda.

Terkait hanya satu yang diterima dalam Tes CPNS tahun ini, Pemkab Bengkulu Utara akan melakukan perekrutan mandiri dimana pembayaran honornya dibayar langsung dari dana APBD. Hal ini pernah dilakukan tahun lalu untuk pengisian dokter di beberapa puskesmas.

“Kita akan coba rekrut mandiri lagi, statusnya jelas Non PNS. Namun kita tetap berikan fasilitas sebagai kelangkaan pendidikan. Ini juga dengan pertimbangan kebutuhan,” terangnya.

Namun diakuinya jika perekrutan dokter non PNS jarang diminati terutama dokter dari laur Bengkulu Utara yang biasanya lebih memilih membuka praktik mandiri. Namun ia berharap ada dokter terutama dari warga Bengkulu Utara yang ingin mengabdi di daerahnya.

“Memang jika dibandingkan kota-kota besar terutama di Pulau Jawa, penghasilan yang kita berikan jauh dibawah standar. Namun kita harapkan pengabdian,” pungkas Haryadi. (qia)  

Berita Lainnya

Pesawat 9 Penumbang Kembali Menuju Enggano

ARGA MAKMUR – Meskipun hanya satu kapal motor yang bisa mengangkut penumpang dari Kota Bengkulu ...

error: Content is protected !!