Senin , 16 Desember 2019
Home / Borgol / Pemecatan Oknum Petugas Lapas yang Tersandung Kasus Narkoba, Kakanwil Kemenkumham Tunggu Kepastian Hukum

Pemecatan Oknum Petugas Lapas yang Tersandung Kasus Narkoba, Kakanwil Kemenkumham Tunggu Kepastian Hukum

Abdul Hanny

BENGKULU – Pasca tertangkapnya satu  oknum petugas lapas kelas II B Arga Makmur berinisial AM atau AR oleh Dit Narkoba Polda Bengkulu, Rabu (13/11) lalu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Abdul Hany, Bc.I.P., S.Pd., M.H angkat bicara. Ia mengaku belum memutuskan apakah oknum sipir tersebut akan dipecat dari statusnya sebagai ASN di lingkungan KemekumHAM.

“Untuk status kepegawaian pelaku, masalah pemecatan atau tidak kita tergantung pada level putusan hukum yang berlaku. Tetap kita sesuaikan dengan koridor hukum yang berlaku,” terang Abdul Hanny.

Namun ia memastikan akan mengikuti segala proses secara hukum atas tindak pidana yang dilakukan oknum petugas lapas tersebut.  “Kanwil Hukum dan HAM tidak akan  memproteksi atau melindungi. Semua kasus yang terjadi hasilnya nanti kami serahkan sepenuhnya sesuai proses hukum,” imbuhnya.

Abdul Hany memastikan sudah sering mengingatkan seluruh jajarannya melalui berbagai cara. Mulai dari  apel dan pengarahan kepada seluruh pegawai Kantor Wilayah Hukum dan HAM Bengkulu untuk tidak berurusan dengan tindak pidana hukum. Atas peristiwa yang terjadi, ia akan melakukan evalusi terhadap kasus yang terkait salah satu oknum petugas lapas tersebut.

“Semua jabatan yang ada di Kanwil ini, selama itu kewenangan Kakanwil maka kita akan segera evaluasi dimana posisi-posisi yang dipandang perlu penguatan terhadap evaluasi,” pungkas Abdul.

Sebelumnya, oknum sipir AM alias RA (53) ditangkap Tim Berantas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu dengan Tim Opsnal Dit Narkoba Polda Bengkulu. Tak hanya sendiri turut serta diamankan dua napi narkoba ABP (29) warga Kuala Langi Kecamatan Ketahun, Bengkulu Utara dan AT (38) warga Jalan Beringin Kelurahan Padang Jati, Kota Bengkulu. Serta satu orang wanita beranak satu JI (23) warga Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara. Penangkapan ini dikomandoi Wadir Narkoba AKBP. Pambudi. (cw5)

Berita Lainnya

Tergiur Tiket Wisata Murah, Uang Rp 5,9 Juta Melayang

BENGKULU–  Yani Mecca Marta Putri (34) warga asal Kelurahan Duku Kecamatan Kramat Jati Provinsi DKI ...

error: Content is protected !!